Intel Rilis GPU Baru dengan Kinerja Tinggi, Ponte Vecchio

Teknologi Nov 21, 2019

Di acara Supercomputing 2019, Intel meluncurkan visinya untuk memperluas kepemimpinannya dalam konvergensi komputasi kinerja tinggi (HPC) dan kecerdasan buatan (AI) dengan tambahan baru untuk portofolio silikon data-sentris dan baru yang ambisius inisiatif perangkat lunak yang mewakili perubahan paradigma dari arsitektur tunggal saat ini, model pemrograman vendor.

Mengatasi meningkatnya penggunaan arsitektur heterogen dalam komputasi kinerja tinggi, Intel memperluas portofolio teknologi yang ada untuk bergerak, menyimpan, dan memproses data lebih efektif dengan mengumumkan kategori baru dari GPU tujuan umum diskrit dioptimalkan untuk konvergensi AI dan HPC.

Intel juga meluncurkan inisiatif industri oneAPI untuk memberikan model pemrograman yang terpadu dan disederhanakan untuk pengembangan aplikasi secara keseluruhan arsitektur pemrosesan heterogen, termasuk CPU, GPU, FPGA, dan akselerator lainnya. Peluncuran oneAPI mewakili jutaan jam rekayasa Intel dalam mengembangkan perangkat lunak dan menandai evolusi yang mengubah permainan dari batasan, pemrograman hak milik saat ini dengan pendekatan ke model berbasis standar terbuka untuk keterlibatan lintas arsitektur dan inovasi pengembang.

“Beban kerja HPC dan AI menuntut beragam arsitektur, mulai dari CPU, untuk keperluan umumGPU dan FPGA, untuk NNP pembelajaran mendalam yang lebih terspesialisasi, yang ditunjukkan Intel sebelumnya pada bulan ini,” kata Raja Koduri, wakil presiden senior, kepala arsitek, dan General Manager di bidang arsitek, grafik dan perangkat lunak di Intel melalui pernyataan resmi yang diterima MedForSquad, Rabu (20/11).

“Menyederhanakan kemampuan pelanggan untuk memanfaatkan kekuatan lingkungan komputasi yang beragam adalah yang terpenting, dan Intel berkomitmen untuk melakukannya dengan mengambil pendekatan perangkat lunak pertama yang memberikan abstraksi terpadu dan terukur untuk arsitektur heterogen. ”

oneAPI: Pendekatan Developer-Centric untuk Komputasi Heterogen

Inisiatif oneAPI yang diluncurkan Intel hari ini akan menentukan pemrograman untuk AI yang semakin meningkat, sehingga dunia multi arsitektur diresapi. oneAPI menghadirkan pemrograman terpadu dan terbuka, pengalaman kepada pengembang pada arsitektur pilihan mereka tanpa kompromi, kinerja dan menghilangkan kompleksitas basis kode terpisah, bahasa multi pemrograman, dan berbagai alat serta alur kerja.

oneAPI memelihara perangkat lunak yang adainvestasi dengan dukungan untuk bahasa yang ada sambil memberikan fleksibilitas bagi pengembang untuk membuat aplikasi serbaguna. oneAPI mencakup inisiatif industri berdasarkan spesifikasi terbuka dan produk beta Intel. Spesifikasi oneAPI termasuk bahasa pemrograman langsung, API yang kuat, dan antarmuka perangkat keras tingkat rendah.

Perangkat lunak beta oneAPI Intel menyediakan pengembang portofolio komprehensif bagi pengembang yang meliputi kompiler, library dan analisis, yang dikemas ke dalam toolkit yang berfokus pada domain. Rilis beta oneAPI di awal menargetkan Intel® Xeon®Prosesor scalable, prosesor Intel® Core ™ dengan grafik terintegrasi, dan Intel® FPGA, dengan dukungan perangkat keras tambahan untuk rilis mendatang.

Pengembang dapat mengunduh alat oneAPI, uji drive di Intel oneAPI DevCloud, dan pelajari lebih lanjut tentang oneAPI di software.intel.com/oneAPI .

Strategi Data-Centric Intel Memberikan Foundation untuk Konvergensi AI / HPC

Portofolio silikon Intel terdiri dari beragam campuran arsitektur yang digunakan dalam berbagaiplatform silikon. Dasar dari strategi sentris data Intel adalah prosesor Intel® Xeon® Scalable, yang saat ini memberi daya lebih dari 90 persen dari superkomputer Top500 dunia.

Prosesor Intel Xeon Scalable adalah satu-satunya CPU x86 dengan akselerasi AI bawaan yang dioptimalkan untuk menganalisis kumpulan data besar dalam beban kerja HPC.

Pada Supercomputing 2019, Intel meluncurkan kategori baru GPU tujuan umum berdasarkan Arsitektur Intel e. Diberi kode “Ponte Vecchio,” performa tinggi baru ini, sangat GPU tujuan umum fleksibel diskrit dirancang untuk pemodelan dan simulasi HPC beban kerja dan pelatihan AI.

Ponte Vecchio akan diproduksi dengan teknologi 7nm dan akan menjadi GPU berbasis Xe pertama Intel yang dioptimalkan untuk beban kerja HPC dan AI.

Ponte Vecchio memanfaatkan inovasi Foveros 3D dan EMIB dari Intel dan paket teknologi fitur berganda, termasuk memori bandwidth tinggi, Compute Express Linkin terkoneksi, dan kekayaan intelektual lainnya.

Building the Foundation for Exascale Computing

Portofolio silikon data-sentris Intel dan inisiatif oneAPI meletakkan dasar untuk konvergensi beban kerja HPC dan AI di exascale dalam sistem Aurora di Argonne Laboratorium Nasional.

Aurora akan menjadi sistem luar negeri Amerika Serikat pertama yang memanfaatkan luas sepenuhnya portofolio teknologi data-sentris Intel, dibangun di atas platform Intel Xeon Scalable dan menggunakan GPU berbasis arsitektur Xe serta memori persisten dan Intel Optane DC teknologi konektivitas.

Arsitektur node komputasi Aurora akan menampilkan dua 10nm berbasis prosesor Intel Xeon Scalable (kode nama “Sapphire Rapids”) dan enam Ponte GPU Vecchio. Aurora akan mendukung lebih dari 10 petabyte memori dan penyimpanan lebih dari 230 petabytes. Aurora akan memanfaatkan Cray Slingshot untuk menghubungkan lebih dari satu node 200 racks.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.