Jelang 11.11, Ini 5 Daerah Pemburu Diskon Tertinggi 2018

Teknologi 11 Nov 2019

Salah satu pesta belanja online terbesar di Indonesia yaitu Singles Days atau 11.11 akan kembali digelar pada 11 November mendatang. Berawal dari tradisi perayaan hari jomblo di China setiap tanggal 11 November sebagai ajang perlawanan terhadap Valentine’s day, kemudian di tahun 2009, Alibaba memanfaatkan momen ini sebagai ajang promosi platform e-commerce baru.

Hasilnya, Alibaba mampu menghasilkan perputaran uang ratusan triliun rupiah yang menjadikan beberapa pelaku e-commerce lain tergerak untuk berpartisipasi dalam festival Singles Day selanjutnya. Kesuksesan Alibaba mampu membuat pesta belanja online singles day kini rutin dirayakan di beberapa negara lain seperti Indonesia, Malaysia, Singapura Thailand Filipina dan Vietnam.

Situs berhemat CupoNation melakukan studi tentang perkembangan popularitas pesta belanja online singles day di Indonesia.

Volume penelusuran kata kunci 11.11 di Indonesia meningkat tajam

Volume penelusuran online untuk kata kunci 11.11 di Indonesia terus meningkat di 2 tahun terakhir. Berdasarkan hasil studi, jumlah penelusuran untuk kata kunci 11.11 pada mesin pencari google meningkat hingga 29 persen di tahun 2017 dan 456 persen di tahun 2018.

Peningkatan yang cukup tajam di tahun 2018 menggambarkan jika jumlah masyarakat Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri kampanye diskon dan promo yang ditawarkan pada momentum singles day semakin bertambah dan diprediksikan akan terus mengalami peningkatan di tahun 2019.
Daerah di Indonesia dengan pemburu diskon terbanyak

Jika dilihat dari sumber wilayah dari penelusuran kata kunci 11.11 tertinggi, maka setidaknya terdapat enam wilayah di Indonesia dimana masyarakatnya tercatat memiliki antusiasme yang besar terhadap pesta belanja online singles day pada tahun 2018. Wilayah dengan jumlah pemburu diskon dan savvy shopper terbanyak adalah Banten dan disusul oleh Jawa barat.

Berikut adalah deretan wilayah di Indonesia dengan masyarakatnya yang memiliki antusiasme tinggi terhadap pesta belanja online singles day, jika diurutkan adalah:
1. Banten
2. Jawa Barat
3. Kepulauan Bangka Belitung
4. Kalimantan Barat
5. Daerah Istimewa Yogyakarta
6. Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Berbeda dengan hasil volume penelusuran kata kunci 11.11 di tahun 2017, deretan wilayah di Indonesia dengan jumlah masyarakat yang menaruh atensi tinggi terhadap pesta belanja online singles day adalah Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Jambi dan Kalimantan Tengah.

Situs ecommerce yang paling banyak dicari saat pekan singles day 2018

Berdasarkan hasil studi CupoNAtion, ada 5 situs toko online dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia, yang jika diurut berdasarkan jumlah pengunjung terbanyak adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Blibli.

Namun, studi menunjukkan bahwa pada pekan pesta belanja online singles day, situs ecommerce yang meraih volume penelusuran tertinggi di tahun 2018 adalah Shopee, dan disusul oleh Lazada. Shopee berhasil melesat ke peringkat pertama dimana sebelumnya berada di urutan ke-3 pada pekan singles day yang digelar pada tahun 2017.

Berikut adalah 5 situs toko online yang paling populer dan memiliki volume pencarian tertinggi pada google saat pekan Singles day, yang jika diurutkan adalah:
1. Shopee
2. Lazada
3. Tokopedia
4. Bukalapak
5. Blibli

Di tahun 2017, Lazada merupakan situs toko online yang paling mendominasi volume penelusuran google pada saat pekan belanja online singles day, dan disusul oleh beberapa situs e-commerce lain yang jika diurutkan adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli.

Tentang studi

Volume penelusuran kata kunci 11.11 diambil melalui Google trends berdasarkan data yang tercatat untuk periode 1 Jan 2016 hingga 31 Dec 2018.
Data dari 5 situs toko online terpopuler saat pekan hari belanja online Singles Day didapat dengan membandingkan situs toko online yang memiliki volume penelusuran tertinggi saat pekan pesta belanja online singles day yakni pada periode 1 November 2018 hingga 14 November 2018.

Tentang CupoNation

CupoNation merupakan portal diskon online di Indonesia yang beroperasi di 20 negara. Misi kami adalah untuk membantu online shopper berhemat dalam pengeluaran sehari-hari dan untuk dapat memaksimalkan anggaran para online shopper. CupoNation didirikan pada tahun 2012 dan berkantor pusat di Munich, dengan kantor yang tersebar di Paris, Madrid, Sao Paulo dan Kuala Lumpur.

Sumber: Press Release

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.