Layanan Internet Sempat Bermasalah, Ini Penjelasan Telkomsel dan Indihome

Teknologi Nov 05, 2019

Warganet sempat mengeluhkan gangguan layanan internet yang dialami Telkomsel dan IndiHome. Gangguan ini sempat terjadi di pagi hari.

Pengguna mengeluhkan mereka tak bisa mengakses internet, sehingga aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, WhatsApp tak bisa digunakan. Mereka hanya bisa mengakses akun Twitter saja.

Dikutip Fing melalui CNN Indonesia, Selasa (5/11), performa layanan internet Telkom Indonesia terpantau memburuk sekitar pukul 10:15 WIB dan terselesaikan dalam waktu 30 menit. Puncak gangguan terjadi pada pukul 10:40 WIB.

Fing sendiri merupakan situs yang mendeteksi performa jaringan sejumlah penyedia internet di Indonesia.

Gangguan ini dilaporkan terjadi di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, Semarang, Palu, Banjarmasin, Bekasi, Medan, dan Makassar.

Di sisi lain, Telkom menyebut proses perbaikan jaringan telah selesai dilakukan. Arif Prabowo, Vice President Corporate Communications PT Telkom Indonesia menyebut gangguan terjadi selama 45 menit.

“Kami informasikan bahwa proses perbaikan telah selesai dilakukan. Gangguan yang sempat terjadi selama 45 menit ini dapat disolusikan pada pukul 11:10 WIB. Saat ini semua layanan TelkomGroup sudah beroperasi normal,” kata beliau.

Penjelasan pihak Telkomsel

Telkomsel mengakui terjadi gangguan jaringan internet pagi ini. Gangguan terjadi pada akses internet dari Grup Telkom, sehingga gangguan ini berpengaruh pada layanan Telkomsel dan IndiHome milik Telkom Indonesia.

“Telah terjadi penurunan kualitas layanan data internet yang disebabkan oleh gangguan pada akses internet internasional Telkom Group,” jelas Denny Abidin, VP Corporate Communications Telkomsel dalam pernyataan resmi.

Hal ini diungkap Denny menanggapi ramainya keluhan netizen soal buruknya kualitas layanan Telkomsel hari ini. Denny menuturkan, gangguan jaringan internet tersebut tidak memengaruhi layanan SMS dan telepon.

Layanan sudah normal

Telkomsel mengklaim saat ini layanan internet Telkom Group mulai berangsur pulih dan pihaknya tengah mengupayakan agar layanan internet dapat kembali normal.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” pungkasnya sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.