Menu Tutup

Line dan Yahoo! Japan Umumkan Merger, Bakal Buat Super App

Kabar mengejutkan datang dari Yahoo Japan dan Line. Dalam waktu dekat, keduanya akan melakukan merger dan menjadi satu perusahaan teknologi.

Dikutip dari Nikkei melalui detik INET dan Viva News, Senin (18/11), kabar ini sendiri diumumkan langsung oleh SoftBank. Baik Line ataupun Yahoo Japan saat ini dalam tahap diskusi akhir menentukan kesepakatan yang baru selesai pada Oktober 2020.

Yahoo Japan saat ini 100% dimiliki oleh Z Holdings, perusahaan yang dikendalikan oleh perusahaan telekomunikasi Jepang, SoftBank. Sementara Line Corporation dimiliki oleh Naver Corporation, raksasa internet asal Korea Selatan.

Para investor menyambut baik rencana merger ini. Harapannya, merger kedua perusahaan besar itu dapat membuat sesuatu yang lebih inovatif, yakni aplikasi super (super app) ataupun platform raksasa online yang memiliki layanan retail, periklanan hingga layanan mobile termasuk pesan instan, dan tentunya banyak digunakan masyarakat.

BACA JUGA :  Kisah Para Insinyur India Bantu AMD Bersaing dengan Intel

Nantinya, perusahaan baru hasil peleburan antara Yahoo Jepang dan LINE itu berfokus pada pasar Jepang.

“Kondisi sosial dan industri di sekitar kita berubah secara drastis. Terutama di pasar internet, perusahaan-perusahaan di luar negeri terutama yang berbasis di Amerika Serikat dan China sangat dominan,” ujar Z Holding Corp.

Line mengoperasikan salah satu aplikasi pesan instant populer. Selain itu, Line juga menjalankan Line Pay, Line Taxi, dan sejumlah layanan lainnya. Sedangkan Yahoo! Japan merupakan nama besar di industri internet Jepang. Mereka punya bisnis iklan online, e-commerce, layanan finansial, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :  Samsung Galaxy Note 20 Series Resmi Rilis, Begini Spesifikasinya!

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×