Mangaka Captain Harlock, Leiji Matsumoto Dilarikan ke Rumah Sakit

Pop Kultur Nov 17, 2019

Sejumlah media Italia melaporkan bahwa mangaka legendaris Leiji Matsumoto, yang dikenal dengan Galaxy Express 999, Captain Harlock, dan ‘Leijiverse’, telah dirawat di rumah sakit Italia, Jumat (15/11) lalu.

Beliau sempat memasuki kondisi kritis dan diduga menderita stroke selama acara yang diadakan di Turin, Italia untuk tur ulang tahun ke-40 dalam rangka merayakan adaptasi anime Captain Harlock.

Dikutip dari Anime News Network dan Crunchyroll, Minggu (17/11), Matsumoto dijadwalkan untuk membuka sesi tanda tangan di Cinema Massimo, tetapi hanya dapat melayani beberapa tanda tangan sebelum berhenti ke kamar hotelnya dan menjalani pengawasan medis.

Laporan lebih lanjut dari peserta acara menyatakan bahwa sementara Matsumoto sadar dan berbicara, pidatonya menjadi tidak jelas, yang membuat staf membawanya kembali ke hotel untuk beristirahat setelah penampilan awalnya, dan kemudian memanggil ambulans. Setelah dirawat di rumah sakit, ia dirawat di bawah status Code Red, yang merupakan status yang digunakan untuk pasien yang dirawat setelah diduga menderita stroke.

Kondisi stabil

Pada Sabtu (16/11) kemarin, kondisi sang mangaka dikabarkan telah stabil dan diharapkan cukup sehat untuk dapat keluar dari rumah sakit serta kembali ke Jepang untuk menjalani penyembuhan lanjutan.

Matsumoto telah menjalani pemeriksaan medis di rumah sakit, tetapi pemeriksaan itu tidak mendeteksi gejala serius apa pun. Perwakilannya juga menekankan bahwa dia tidak dalam kondisi kritis, yang merupakan berita terbaik yang bisa diharapkan.

Profil singkat

Matsumoto lahir pada tahun 1938, dan ia memulai debutnya sebagai mangaka saat masih di sekolah menengah pada tahun 1953 dengan karya pertamanya berjudul Michibachi no Bōken (Honeybee Adventure).

Karya-karyanya yang terkenal termasuk Space Pirate Captain Harlock, Galaxy Express 999, dan Queen Emeraldas, yang semuanya menginspirasi banyak adaptasi anime atau  live action. Ia juga berkontribusi terhadap desain dan menciptakan manga tie-in untuk Space Battleship Yamato.

Di tahun 2001, Matsumoto dianugerahi kehormatan “Medal with Purple Ribbon”, dan pada 2010 ia mendapatkan medali penghargaan “Order of the Sacred Treasure, Gold Rays with Rosette”. Pada 2012 ia menerima penghargaan Chevalier de l’Ordre des Arts et des Lettres (Knight of the Order of Arts and Letters) dari pemerintah Prancis.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.