Novelis Sci-Fi, Taku Mayumura Meninggal Dunia

Pop Kultur Nov 04, 2019

Penulis novel bergenre fiksi ilmiah (Sci-Fi) yang juga menjadi pemenang beberapa penghargaan, Taku Mayumura meninggal dunia.

Dikutip dari NHK melalui Anime News Network, Senin (4/11), beliau meninggal dunia pada Minggu (3/11) pagi kemarin di usia 85 tahun karena aspiration pneumonia.

Menurut keluarga Mayumura, penulis telah berurusan dengan kanker selama beberapa tahun, dan ia dirawat di rumah sakit pada 8 Oktober setelah kesehatannya memburuk. Beliau terus menulis di tempat tidurnya, bahkan sebelum meninggal.

Profil dan karya Taku Mayumura

Mayumura lahir dengan nama Takuji Murakami di Kota Osaka pada tahun 1934. Ia lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Osaka dan memulai debut penulisan profesionalnya sebagai copywriter.

Mayumura akhirnya menulis banyak novel, termasuk klasik fiksi ilmiah anak-anak seperti Maboroshi no Pen Friend (Phantom Pen Pal) dan Perang Sekolah Psikis (Nerawareta Gakuen).

Shōmetsu no Kōrin (Vanishing Halo), sebuah novel dalam seri Administrator (Shiseikan) tentang kemajuan umat manusia ke ruang angkasa untuk menjajah planet-planet, memenangkan Penghargaan Seiun dari penggemar fiksi ilmiah Jepang dan Hadiah Izumi Kyōka untuk Sastra pada tahun 1979. Kurodahan Press menerbitkan sebuah Volume novel Administrator dalam bahasa Inggris pada tahun 2004.

Beberapa karyanya sempat mendapatkan adaptasi film anime, di antaranya film anime Toraerareta School Bus (Captured School Bus) karya sutradara Mori Masaki dan Studio TOHO pada 1986 berjudul Toki no Tabibito -Time Stranger-.

Selain itu, novel The Order to Stop Construction (Kōji Chūshi Meirei) mengilhami adaptasi film anime besutan Katsuhiro Otomo dan Madhouse dengan nama yang sama pada 1987, Neo-Tokyo omnibus.

Baru-baru ini, novel Nerawareta Gakuen yang ditulis oleh mendiang menginspirasi film anime yang diproduksi Studio Sunrise dan disutradarai Ryosuke Nakamura pada 2012 silam berjudul Psychic School Wars.

Untuk menyemangati istrinya yang sakit kanker, mendiang menulis sebuah cerita sehari selama hampir lima tahun. Dia akhirnya menerbitkan cerita-cerita tersebut sebagai Tsuma ni Sasageta 1778-wa (1,778 Stories Dedicated to My Wife).

Novel tersebut menginspirasi film live action karya sutradara Mamoru Hoshi di tahun 2011 yang berjudul 1,778 Stories of Me and My Wife. Film live action itu dibintangi oleh anggota band SMAP, Tsuyoshi Kusanagi dan aktris Yuko Takeuchi.

Redaksi mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya beliau.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.