Menu Tutup

Peringati Hari Ayah Nasional, Google Rilis Doodle Spesial

Ada yang tak biasa di laman Google.com pada hari ini, Selasa (12/11). Dalam laman tersebut, tampak ilustrasi seekor bebek besar yang sedang memberikan makanan untuk anak-anaknya.

Ternyata, doodle spesial ini diperuntukan untuk memperingati Hari Ayah Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November 2019.

Dikutip dari Kompas Tekno dan Tirto.id, jika ilustrasi itu diklik, akan menampilkan animasi sang ayah bebek yang dikelilingi enam anaknya dalam beragam warna khas logo Google. Ada tiga mode yang bisa dipilih, yang masing-masing menampilkan keakraban sang ayah dan anak-anaknya.

Tiga mode di Google Doodle Hari Ayah Nasional

Jika Doodle diputar, maka bebek-bebek kecil akan bergerak-gerak mengelilingi si bebek besar. Di bagian lain, bebek besar akan membuat gelembung-gelembung dan mengarahkan gelembung itu pada anak-anaknya yang beberapa saat gelembung itu akan pecah dan anak-anak kemudian akan jatuh tercebur ke air.

BACA JUGA :  MNC Vision Networks Segera Caplok First Media dan Link Net

Sejarah Hari Ayah Nasional dan Internasional

Hari Ayah Nasional mulai dideklarasikan di Solo pada tahun 2006 silam pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Berawal dari prakarsa Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) yang tergugah akan pertanyaan kapan orang-orang bisa merayakan hari ayah, perayaan hari ayah ini kemudian dicetuskan dalam pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lewat deklarasi.

Deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Berbeda dengan Indonesia, di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara Eropa merayakan hari ayah di minggu ketiga bulan Juni. Total ada 75 negara yang merayakan hari ayah.

BACA JUGA :  Vivo Y19 Resmi Dijual di Indonesia, Dibanderol Rp 2,9 Juta

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×