Serba Serbi Saudi Anime Expo, Antara Antusiasme Penggemar One Piece dan Hadirnya Mangaka Captain Tsubasa

Pop Kultur Nov 17, 2019

Konvensi anime dan manga terbesar di Timur Tengah, Saudi Anime Expo telah dilaksanakan di Riyadh, ibukota Arab Saudi. Festival yang dilaksanakan pada hari Kamis (14/11) hingga Sabtu (16/11) kemarin ini telah berhasil menarik perhatian para pecinta pop kultur Jepang di seantero Timur Tengah.

Arab Saudi dikenal tertutup dalam perkembangan pop kultur. Hal ini dikarenakan karena penerapan aturan hukum Islam yang kuat disana. Tetapi untuk kali ini, mereka sedikit terbuka. Meskipun begitu masih terdapat sejumlah larangan. Kontes permainan kostum atau cosplay yang khusus bagi wanita diadakan di balik tirai hitam.

Antusiasme fans One Piece

Dikutip dari arabnews.com, Anime Expo Saudi kali ini menghadirkan stan-stan dari anime-anime populer, seperti Naruto, Dragon Ball, dan Attack on Titan. Figure life sized Naruto dan Eren Yaeger dalam wujud titan juga tampak dipamerkan.

Acara ini pun dihadiri oleh produser dan direktur senior Toei Animation, Shinji Shimizu, dan mantan pemimpin redaksi majalah Weekly Shonen Jump, Yoshihisa Heishi.

Pada sesi tanya jawab, Heishi mengaku terkejut dengan antusiasme penggemar One Piece di Arab Saudi.

“Manga One Piece telah melampaui 50 persen dari alur ceritanya. Ini akan berkembang banyak sebelum berakhir,” ucapnya.

Sementara untuk pertanyaan bagaimana One Piece akan berakhir, beliau tidak menjelaskannya secara rinci, tetapi dirinya memang mengetahui ke arah mana klimaks dari serial ini.

“Saya tidak tahu bagaimana akhirnya, dan saya tidak bertanya pada Eiichiro Oda (mangaka One Piece) karena saya tidak akan bisa menantikannya,” ujarnya kepada para penggemar.

Captain Tsubasa kembali tayang di Arab Saudi

Selain itu, Yoichi Takahashi, pencipta Captain Tsubasa juga hadir dalam sesi tanya jawab tersebut yang digelar Jumat (15/11).

Takahashi mengunjungi negara itu untuk pertama kalinya. Ia mengatakan telah menyadari bahwa sepak bola adalah olahraga yang global. Itulah salah satu alasan serialnya yang berfokus pada sepak bola itu menarik banyak warga Arab Saudi.

Captain Tsubasa di Saudi Anime Expo (Sumber: NHK)

Dia mengatakan pesan di balik Captain Tsubasa adalah tentang bekerja keras untuk membuat impian seseorang menjadi kenyataan

Dilansir dari NHK World dan Arab News, melalui CEO Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi, Faisal Bafarat, serial yang dikenal dengan judul “Captain Majid” di negara tersebut direncanakan akan tayang kembali di MBC pada 1 Desember mendatang.

Duta Besar Jepang untuk Arab Saudi, Tsukasa Uemura juga memberikan pandangan positif terhadap acara ini.

“Sungguh menakjubkan melihat energi yang baik di antara orang-orang muda, wanita dan pria Arab Saudi,” ungkap beliau ketika konferensi pers dalam pembukaan Saudi Anime Expo, Kamis (14/11) lalu.

Uemura dikejutkan oleh seberapa dalam hubungan antara Jepang dan Arab Saudi, dan tak lupa ia pun berterima kasih kepada anime dari tahun 60an dan 70an.

Saudi Anime Expo (sumber: Arab News)

Anime Expo Saudi sendiri ikut menampilkan performa dari beberapa guest star dari Jepang dan Timur Tengah, seperti penyanyi asal Lebanon Sammy Clark, DJ spesialis OST Anime Taku Takahashi, dan band rock Linked Horizon.

Grup rock Linked Horizon, yang baru-baru ini menjadi terkenal setelah musik mereka dipilih sebagai lagu pembuka untuk anime populer “Attack on Titan,” naik ke panggung utama mengenakan seragam tentara dan memberi hormat kepada penonton seperti yang dilakukan karakter.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.