Smartphone Layar Lipat Motorola RAZR Resmi Rilis, Mirip Mini Tablet

Teknologi 15 Nov 2019

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, ponsel legendaris Motorola Razr resmi lahir kembali sebagai smartphone layar lipat Android. Acara pelucurannya berlangsung Rabu (13/11) malam di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dikutip dari Bloomberg melalui Kompas Tekno, Kamis (14/11), Motorola melahirkan kembali ponsel lipat RAZR dengan pendekatan yang berbeda dari apa yang dilakukan pesaingnya, Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X.

Jika layar Galaxy Fold dan Huawei Mate X dibuka ke samping, smartphone baru Motorola ini berbentuk seperti mini tablet.

Motorola Razr merupakan smartphone lipat berdesain clamshell atau layarnya ditekuk di tengah layar ke arah bawah. Desain tersebut membuatnya tetap nyaman digenggam dan ringkas saat dikantongi.

Spesifikasi Motorola Razr

Layar Motorola Razr mengusung materi OLED berukuran 6,2 inci dengan rasio aspek 21:9 resolusi 2142 x 876 piksel. Layar tersebut melipat tepat di bagian tengah ke bawah.

Saat dilipat, ponsel memiliki dimensi 72x94x14 mm, namun saat dibuka, ukurannya menjadi 72x172x6,9 mm. Urusan engsel, Motorola berguru kepada Lenovo (perusahaan induknya kini), yang mengambil desain dari lini laptop Lenovo Yoga.

Saat ponsel tertutup, terdapat layar kecil di punggung ponsel yang disebut Peek Display. Pengguna bisa melihat berbagai informasi, e-mail dan notifikasi di sana, yang bisa dihapus atau dibaca langsung di layar 2,7 inci resolusi 600×800 itu.

Karena kamera utama Motorola Razr terletak di bawah layar eksternal tadi, maka pengguna juga bisa menjadikan kamera utama 16 MP yang berada di punggung ponsel sebagai kamera selfie saat dilipat.

Kamera utama Motorola Razr tersebut memiliki lensa dengan bukaan f/1,7 dengan fitur Dual Pixel AF dan Laser AF. Meski demikian, Motorola Razr tetap memiliki kamera depan (saat layar dibuka) di atas layar, sensor 5 MP dengan lensa bukaan f/2.0.

Dari segi spesifikasi, Motorola Razr mengusung chip Snapdragon 710 dengan memori RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Smartphone menjalankan OS Android 9 Pie.

Baterai Motorola Razr berkapasitas 2.510 mAh yang dilengkapi dengan koneksi USB-C. Meski memiliki fitur fast charging 15W, Motorola tidak melengkapi Razr dengan fitur wireless charging.

Smartphone ini dilengkapi fitur sensor sidik jari sebagai pengamanan. Karena tidak ada lubang headphone 3,5 mm, pengguna hanya bisa menggunakan headphone USB-C.

Harga

Motorola Razr dijual dengan harga 1.500 dollar AS (Rp 21 juta) di pasar AS. Smartphone mulai bisa dipesan pada 26 Desember 2019. Pengiriman berikut ketersediaan di toko ritel pada Januari 2020.

Selain Amerika Serikat, Motorola Razr juga dipasarkan di Kanada dan sejumlah negara Eropa. Motorola juga mengatakan berencana memasarkan ponsel ini di Asia, meski belum diketahui detailnya.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.