WhatsApp Hadirkan Fitur Fingerprint Lock Untuk Android, Begini Caranya!

Teknologi 1 Nov 2019

Setelah pada awal tahun 2019 meluncurkan fitur Touch ID dan Face ID untuk perangkat iPhone, WhatsApp resmi mengumumkan ketersediaan fitur pengunci aplikasi dengan sidik jari, atau lebih dikenal dengan fingerprint lock bagi pengguna Android.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh WhatsApp melalui Twitter, Jumat (1/11) dini hari.

“Hari ini, kami memperkenalkan autentikasi serupa (di iPhone), memungkinkan Anda membuka kunci aplikasi dengan sidik jari, di ponsel Android yang didukung,” tulis WhatsApp.

Sebagaimana dikutip dari Antara News dan Kompas Tekno, untuk mengaktifkan fingerprint lock, pengguna perlu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru, yakni versi 2.19.308. Bagi yang belum memperbarui, MedForians bisa mengupdate terlebih dahulu melalui Google Playstore.

Akan tetapi, aplikasi WhatsApp versi terbaru ini juga didukung dengan syarat utama adanya sensor sidik jari di smartphone pengguna.

Setelah syarat utama itu terpenuhi, pengguna bisa memasang fingerprint lock dengan cara sebagai berikut:

1. Buka Pengaturan
2. Klik “Akun”
3. Buka “Privasi”
4. Lalu, klik “kunci sidik jari”
5. Setelah itu, aktifkan “Buka kunci” dengan sidik jari, dan konfirmasikan sidik jari pengguna secara langsung.

Tampilan fitur kunci sidik jari pada WhatsApp

Nantinya akan ada pilihan jeda waktu untuk mengunci WhatsApp. Pilihan waktu yang tersedia adalah sesegera mungkin setelah aplikasi WhatsApp ditutup, satu menit, hingga 30 menit.

Kehadiran fitur ini ditujukan untuk melindungi privasi pengguna, di mana percakapan pribadi hanya bisa dilihat oleh sang pemilik ponsel.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.