YouTube Music dan YouTube Premium Resmi Dirilis di Indonesia

Teknologi 6 Nov 2019

Youtube pada hari ini, Rabu (6/11) secara resmi merilis aplikasi streaming musik Youtube Music dan layanan bebas iklan serta download offline Youtube Premium di Indonesia.

“Youtube menjadi bagian penting dari kultur Indonesia, sebagaimana diketahui kami sukses melahirkan artis dan kreator di Indonesia di mana kami sudah memberikan lebih dari 200 gold button,” ujar Head of Music Content Partnerships (South East Asia, AU/NZ) Youtube and Youtube Go, Ruuben Van Den Heuvel melalui video conference di Kantor Google Indonesia, Jakarta sebagaimana dikutip dari Antara News.

Lebih dari itu, Ruuben mengatakan Youtube telah memberikan lebih dari 2500 silver button untuk lebih dari ratusan ribu kreator, dan bahkan memberikan diamond level kepada dua kreator Indonesia.

Penghargaan yang diberikan kepada para kreator tersebut menunjukkan besarnya penggunaan Youtube di Indonesia. Hal tersebut, menurut Ruuben juga terlihat dari gelaran Youtube Fanfest yang dinilai sukses di Indonesia.

Tidak hanya ekosistem Youtube yang besar di Indonesia, musik streaming yang kian menjadi tren secara global juga menarik Youtube untuk meluncurkan layanannya itu ke pasar Indonesia.

Jika kita melihat industri musik Indonesia sekitar 46 persen dari 41 juta dolar AS datang dari streaming, sehingga streaming sangat penting bagi industri musik Indonesia,” ujar Ruuben.

“Dan, partisipasi kami juga sangat penting karena kami berharap dengan peluncuran Youtube Music dan Youtube Premium kami dapat berkontribusi kepada industri musik. Tujuan kami menjadi nomor satu penyumbang pendapatan,” lanjutnya.

Dalam menghadirkan Youtube Music di Indonesia, Ruuben mengatakan telah menggandeng semua pihak dalam industri musik Tanah Air, termasuk perusahaan rekaman baik global maupun lokal, seperti Warner, Aquarius, Musika dan Trinity.

Youtube juga telah bekerjasama dengan Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (Apmindo) untuk terlibat dalam hal hak cipta.

Penggunaan aplikasi YouTube Music (sumber: dok. Redaksi)

“Kami bekerja selama beberapa tahun untuk memastikan bahwa kami memiliki lisensi yang tepat sehingga kami bisa membayar sesuai dengan hak cipta,” pungkas Ruuben.

Kelebihan YouTube Music

Product Manager Youtube, Brandon Bilinski mengungkapkan bahwa ada enam kelebihan YouTube Music dibandingkan aplikasi musik pesaing lainnya. Berikut enam hal yang menurut Brandon membuat Youtube Music berbeda dari aplikasi streaming lain:

1. Konten lengkap
Youtube menjadi tempat untuk meng-cover dan me-remix lagu, Brandon mengatakan konten-konten tersebut juga hadir di Youtube Music.
Bukan hanya video musik, tetapi juga official music dan official album, single, remix, live concert dan musik-musik “langka” yang hanya bisa ditemukan di Youtube juga hadir di Youtube Music.

2. Rekomendasi khusus
Layar beranda aplikasi akan beradaptasi secara dinamis dan memberikan rekomendasi sesuai jenis musik yang pernah didengarkan dan aktivitas yang dilakukan si pengguna.

Rekomendasi ini bisa digunakan pengguna saat sedang berolahraga di gym misalnya, atau sedang dalam perjalanan pergi pulang ke kantor, pengguna bisa menemukan musik yang tepat dalam aplikasi Youtube Music.

3. Ribuan playlist
Ribuan playlist lagu hadir dari berbagai genre, suasana hati, aktivitas atau bahasa. Ada playlist “Pop Indonesia yang Akan Ngehits,” “Pop Indonesia Terbaru” atau “Paling Hits Hari Ini” untuk menemukan musik baru.

4. Fitur penelusuran
Kemampuan Google sebagai mesin pencari juga akan digunakan pada Youtube Music untuk mencari musik. Meskipun lirik yang dimasukkan dalam kolom pencarian salah,  Google Search diklaim mampu menelusuri lagu yang dimaksud.

5. Video terbaru dan terpopuler
Dengan Youtube Music pengguna dapat mengetahui apa saja video terbaru dan terpopuler yang dimasukkan dalam kolom Hotlist.

Sebagai contoh, hari ini di Indonesia, kolom Hotlis menampilkan “Hotlist Pop Indonesia,” “Hotlist Musik Dance Indonesia,” “Hotlist Heavy Rock Indonesia,” “Hotlist Rock Indonesia,” “Hotlist Indie Indonesia,” dan “Hotlist Hip Hop Indonesia.”

6. Mode beralih audio/video
Youtube Music memungkinkan pengguna untuk beralih antara audio/video dengan sekali tekan tombol. Fitur unik ini memudahkan pelanggan Youtube Premium dan Youtube Music Premium untuk berpindah ke lagu atau video musik, sehingga pengalaman mendengarkan dan menonton musik dapat dilakukan dengan lancar.

Tarif berlangganan YouTube Music dan YouTube Premium

Youtube Music bisa dinikmati secara gratis yang didukung iklan, namun Google memberi opsi langganan berbayar Youtube Music Premium yang memungkinkan pengguna untuk memutar lagu dan video di latar belakang, sehingga mereka tetap bisa mendengarkan musik sambil memakai aplikasi lain.

Youtube Music Premium juga menawarkan fitur download offline dan pengalaman mendengar musik tanpa iklan dengan harga berlangganan Rp49.000 per bulan.

Selain itu, Youtube juga menghadirkan Youtube Premium ke Indonesia. Youtube Premium tersedia dengan harga mulai dari Rp59.000 per bulan.

Layanan tersebut mencakup langganan Youtube Music Premium, dan menawarkan pengalaman bebas iklan dengan fitur pemutar latar belakang serta download offline untuk jutaan video di Youtube.

Ada pula paket khusus Youtube Music Family Plan dan Youtube Premium Family Plan, di mana pengguna dapat menambahkan hingga enam akun mulai dari Rp75.000 per bulan.

Aplikasi Youtube Music dapat diunduh di Google Play Store dan iOS App Store. Youtube memberikan tawaran perkenalan khusus tiga bulan gratis untuk Youtube Music Premium, sampai dengan 26 November 2019.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.