Beberapa Akun Media Dibatasi Hari Ini, Begini Penjelasan Pihak Twitter

Media Des 30, 2019

Tercatat pada Senin pagi ini (30/12), beberapa akun media nasional dikenakan pembatasan oleh Twitter. Akun-akun tersebut antara lain Tribun News (@tribunnews), Detik Finance (@detikfinance) serta Republik Merdeka (@RMOLNetwork).

Dilansir dari CNN Indonesia, akun-akun tersebut dikenai pembatasan dengan peringatan bertuliskan sebagai berikut:

“Peringatan: akun ini untuk sementara dibatasi. Anda melihat postingan ini karena telah terjadi aktivitas aneh dari akun ini. Apakah Anda masih ingin melihatnya?”

Jika pengguna Twitter memilih untuk melihat profil dengan memilih pilihan “Ya, perlihatkan profil”, maka isi akun bisa dilihat seperti biasanya.

Tetapi sejak siang ini, peringatan tersebut telah dihapuskan dari ketiga akun media tersebut.

Head of Content Delivery and Engagement Detikcom, Meliyanti Setyorini, membenarkan peringatan tersebut pada akun Twitter Detik Finance. Peringatan tersebut disertai tautan https://help.twitter.com/en/rules-and-policies/twitter-rules. Di dalam tautan tersebut dijelaskan beberapa hal mengenai pembatasan suatu akun seperti karena keamanan, privasi, keaslian, masalah hukum, serta iklan pihak ketiga.

Namun pada peringatan kali ini, tidak dijelaskan secara spesifik mengenai pelanggaran yang dilakukan oleh akun Twitter Detik Finance.

Sementara itu, juru bicara Twitter menjelaskan bahwa akun yang terkena pembatasan bisa mengirimkan keberatan melalui help.twitter.com/forms.

Selain itu, beliau menjelaskan bahwa Twitter biasanya akan meminta pengguna untuk mengirimkan verifikasi nomor ponsel jika suatu akun terdeteksi melakukan spam. Tetapi sayangnya hal ini sering diabaikan oleh para pengguna yang menyebabkan mereka sulit untuk mengakses Twitter.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.