Menu Tutup

Bukan Pamit, PewDiePie Hiatus dari YouTube dan Twitter

Jakarta – Ada kabar mengejutkan dari dunia YouTube!

YouTuber Felix Kjellberg alias PewDiePie mengumumkan bahwa dia akan hiatus dari YouTube mulai tahun depan. Hal ini diumumkan melalui video PewNews terbarunya yang membahas kebijakan terbaru YouTube. Kebijakan tersebut berkaitan dengan i konten yang dibuat untuk melecehkan individu atau grup (pengumuman di menit 10:40).

Setelah video tersebut diunggah ke channel YouTube miliknya yang kini memiliki 102 juta subscriber, dia rilis video baru dimana menjelaskan mengapa dia membenci Twitter dan selalu berpikir untuk hiatus sekaligus menghapus semua postingannya di situs tersebut.

Tak lama setelah video ini diunggahnya, akun Twitter Felix, @pewdiepie, menjadi kosong. Semua cuitan yang Felix buat hingga saat ini telah dihapus.

Akun ini juga hanya memunculkan jumlah pengikut PewDiePie dan bukan orang-orang atau akun yang dia sendiri ikuti.

Popularitas dan Media

Tidak heran mengapa PewDiePie ingin hiatus dari dunia maya: Sebagai YouTuber besar dengan fans yang banyak, dia tentu menjadi bahan bincangan media mainstream.

Akan tetapi, banyak media berita (terutama dari Amerika Serikat) yang lebih berfokus pada kontroversi yang melibatkan namanya, baik itu dugaan bahwa dia rasis dan mendukung superioritas bangsa kulit putih, atau bahkan menuduh dirinya sebagai pendukung paham Nazisme.

BACA JUGA :  Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Rilis PV Baru, Umumkan Seiyuu Tambahan

Persaingannya dengan label musik asal India T-Series juga menjadi faktor dari keputusannya ini. Meski persaingan tersebut hanya candaan, pihak T-Series menganggap hal ini dengan cukup serius, sampai-sampai warga India menuduhnya sebagai orang yang mengotori nama negara mereka hingga akhirnya dua video diss track miliknya (B!t©♯ Lasagna dan Congratulations) di blokir di India.

Drama PewDiePie Vs T-Series ini juga mendorong beberapa oknum untuk melakukan hal senonoh seperti vandalisme di monumen perang dunia, atau bahkan penembakan di Masjid Christchurch di Selandia Baru dimana sang teroris mengatakan “Subscribe to PewDiePie”.

BACA JUGA :  V-Tuber Dennou Shoujo Siro akan Bintangi Film Shirotsumekusa

Kasus-kasus seperti inilah yang membuat dirinya memutuskan untuk mengakhiri perang antara dirinya dengan T-Series.

Pada 19 Agustus tahun ini, setelah bermesraan selama 8 tahun, Felix resmi menikahi pasangannya yaitu Marzia Bisognin. Pernikahan pasangan ini mendapat respons yang positif dan penuh suka cita dari berbagai kalangan, mulai dari YouTuber besar lain hingga media mainstream.

Ini juga merupakan faktor dari keputusannya untuk hiatus saat 2020 dimulai; Felix ingin beristirahat agar dia bisa meluangkan waktu lebih banyak dengan sang istri.

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×