Desain Logo Program Pemerintah Terkeren, Apa Saja?

Kreasi Des 20, 2019

Selama ini, program kerja pemerintah memiliki desain logo monoton dan terkesan tidak menarik. Tapi, tidak untuk tahun ini! Berbagai lembaga berlomba-lomba mengubah citra mereka agar dapat menarik minat kalangan muda dengan mengubah logo program kerja mereka menjadi lebih modern. Berikut 5 desain logo program pemerintah terkeren menurut #MedForSquad.

Sensus Penduduk 2020

Logo Sensus Penduduk 2020.
Logo Sensus Penduduk 2020.

Dikutip dari situs resminya, logo Sensus Penduduk 2020 sendiri berbentuk orang bergandengan dan mengangkat tangan mewakili kegiatan sensus penduduk di mana penduduk merupakan elemen utamanya serta diperlukan keterlibatan seluruh warga Indonesia dalam mensuskseskan Sensus Penduduk 2020.

Bentuk pita tali yang tersambung menggambarkan bahwa kegiatan sensus penduduk merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Pita tali ini juga menggambarkan grafik data dan tanda centang (check list), menunjukkan kegiatan Sensus Penduduk 2020 dilakukan secara profesional dan memastikan semua warga terdaftar Sensus Penduduk 2020. Dan tahukah MedForians? Logo ini juga membentuk angka 2020 sebagai tahun penyelenggaraan Sensus Penduduk ini.

Jabar SABER Hoax

Logo Jabar Saber Hoax.
Logo Jabar Saber Hoax.

Logo ini diperkenalkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersamaan dengan perkenalan program kerja ini. Jabar SABER Hoaks adalah kanal yang bertugas untuk verifikasi informasi/berita yang beredar di masyarakat. Tim akan rutin memberikan informasi dan mengajak masyarakat ikut aktif melawan berita bohong.

Jogja Istimewa

Logo Jogja Istimewa, logo pariwisata DIY.
Logo Jogja Istimewa, logo pariwisata DIY.

Logo Jogja Istimewa merupakan rebranding dari logo pariwisata lama. Logo ini diperekenalkan pada 7 Maret 2015 lalu. Dikutip dari Beritasatu sebagaimana dikutip dari Suara Pembaruan, logo ini menjadi pertanda kebangkitan Yogyakarta. Tanggal peluncurannya sendiri diambil dari tanggal naiknya Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat pada 1989 lalu. Logo ini memenuhi tiga unsur, yakni kultur, harmoni, dan istimewa.

Huruf dalam logo dan tagline tersebut tidak banyak lekukan. Huruf itu menggambarkan kesederhanaan atau sederhana sebagai karakter warga DIY.

Kata istimewa dimaksud tidak hanya sekadar slogan atau jargon semata. Namun, menjadi nilai yang benar-benar ada di dalam diri DIY beserta isinya.

GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hid up bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Pada logo tersebut terdapat tiga buah bidang dengan warna biru turqoise yang merupakan lambang dari 3 Pilar Program Indonesia Sehat. Ketiga pilar tersebut adalah Penerapan Paradiga Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional.

Sedangkan bidang hijau terang dengan bentuk hati merupakan lambang dari semangat universal dan tulus dari upaya membawa seluruh warga negara Indonesia untuk lebih sehat tanpa memandang perbedaan suku bangsa, ras, strata sosial dan latar belakang budayanya.

  • Huruf K yang terdapat pada logo mewakili kata Kesehatan yang merupakan bidang dari Kementrian yang bertanggung jawab atas GERMAS.
  • Bagian logo berbentuk lima ujung pada sebuah bidang bulat mewakili lima nilai Kemenkes; yaitu Pro rakyat, Responsif, Efektif dan Bersih serta berlandaskan Pancasila.
  • Sedangkan garis menyerupai busur panah melambangkan tujuan dari Kemenkes Republik Indonesia berupa mewujudkan negara Indonesia yang sehat.

Menurut #MedForians bagaimana? Manakah yang kalian suka? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.