Menu Tutup

Diduga Plagiat, Animasi Spesial PlayStation Japan Dihapus Dari Twitter

Tahun ini, Sony merayakan ulang tahun konsol PlayStation yang berusia 25 tahun. Untuk merayakannya, mereka merilis sebuah video animasi spesial. Animasi tersebut diunggah ke akun Twitter PlayStation Japan dan memperlihatkan beberapa game yang akan dirilis untuk PlayStation 4.

Namun, video tersebut mendapat banyak respons negatif dari netizen, terutama dari kalangan animator, karena beberapa adegan dari animasi tersebut yang secara terang-terangan menjiplak animasi buatan animator lain dari berbagai sumber seperti Steven Universe Movie dan FLCL. Akibatnya, pihak PlayStation Japan memutuskan menghapus animasi tersebut dari akun Twitter mereka.

Pengguna YouTube W Gaming berhasil mengunggah ulang video tersebut.

Berikut ini adalah video animasi tersebut:

Salah satu animator Steven Universe, Ian Jones-Quartey, melihat ada adegan yang secara gamblang menjiplak salah satu lagu yang dinyanyikan oleh karakter antagonis Spinel di film Steven Universe Movie.

BACA JUGA :  Alter Ego Esports Juara Turnamen NMA Mobile Legends, Star Battle Segera Dimulai di Nimo TV

Pengguna Twitter @Kittyfries9 membalas cuitan ini dengan adegan yang menjiplak salah satu klip dari anime FLCL yang di sutradarai oleh animator Yoh Yoshinari.

Kemudian, beberapa animator independent membalas cuitan tersebut dengan klip dari karya mereka yang terjiplak di video tersebut. Pengguna Twitter @Catsuka mengumpulkan semua bukti dari hasil plagiat ini dalam sebuah kompilasi.

BACA JUGA :  [Review] StoneAge World, Dunia Rimba Penuh Marabahaya!

Dilansir dari postingan blog PlayStation Japan, animator dari video ini adalah Kevin Bao, animator asal Kanada yang telah meraih banyak penghargaan di beberapa festival film sejak 2013.

Tak lama kemudian, beberapa info baru dari karya Kevin Bao beredar, dan terlihat bahwa karya lamanya juga memplagiat dari animasi buatan orang lain.

Eallin Animation, studio animasi tempat Bao bekerja, mulai angkat bicara mengenai insiden ini. Dalam cuitan yang mereka buat, mereka tidak tahu kalau Bao telah melakukan plagiarisme.

Mereka memutuskan untuk memecat Bao dan menunggu respons darinya.

Sumber, CNN, Crunchyroll

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×