Jelang Akhir Tahun, Berbagai Kanal YouTube Mengalami Peretasan

Media Des 29, 2019

Pada kuartal akhir tahun ini komunitas YouTube dibuat gencar oleh berbagai aksi peretasan berbagai kanal. Salah satu channel YouTube yang diretas adalah channel modding Team Fortress 2, Karma Charger yang sekarang telah berubah nama jadi Nari San semenjak di-hack.

Screenshot Channel Karma Charger yang telah diretas
“Kepada seluruh Pembuat Konten: Kanal saya dengan 300rb sub telah dibajak karena email sponsor tipuan. JANGAN percaya segala macam email. Bahkan mengklik link-nya saja bisa mengakibatkan malware-nya terunduh. Malware itulah yang bisa membajak kanal YouTube-mu dan mencuri segala informasi komputermu”

Dikutip dari akun Twitter milik Karma Charger, kanal dia diretas lewat email penipuan yang bermodus sponsor. Korban akan mengkilik link yang tersedia dalam email dan link itu berisi virus yang akan mencuri segala informasi di dalam komputer termasuk akun dan password untuk YouTube.

Sampai sekarang ini proses pengembalian kanal Karma Charger sedang berlangsung.

Selain itu, kanal Dota 2 milik DATOHLEONG diretas dan mengunggah massal berbagai video yang memiliki hak cipta dan tidak ada hubungannya dengan Dota 2. Video tersebut sekarang telah dihapus dan sekarang kanalnya tidak memiliki video apapun

“Saya sadar bahwa orang yang mencuri kanal saya mengunggah massal konten yang berhak cipta. Silahkan nyalakan notifikasi atau unsub sampai saya mendapatkan kanalnya balik. Jangan klik video yang itu juga ya makasih”
Keadaan kanal DATOHLEONG saat ini

Dalang di balik Kejahatan

Youtuber PrinceOfFALLEN 2 mengupload video penyebab berbagai kanal youtube yang diretas. Video tersebut mengandung bukti bahwa MrCrazy adalah dalang dari peretasan kanal YouTube.

Dari video tersebut dijelaskan bagaimana dia menemukan dalangnya serta berbagai bukti yang sah mengenai tindak kejahatan siber yang telah dilakukan oleh pemilik channel MrCrazy. Kanal yang telah diretas itu kemudian dijual di situs gelap.

Masih banyak berbagai kanal teretas yang belum disebutkan di sini. Untuk mengakhiri tulisan ini saya akan memberi himbauan, janganlah serta merta percaya pada email sponsor yang kelihatannya menggiurkan namun mematikan. Pastikan anti-virus pada komputer anda telah diperbarui untuk mencegah pencurian data-data penting.

Tag

Apta Ghany Irsyad

Dikenal sebagai miekuah, dia memulai merintis pengembangan pengalamannya sebagai penulis artikel. Sebuah pengalaman bisa lebih berharga daripada harta itu sendiri

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.