[Liputan] Chocodays'19 X Cosplay Hiroshima: Berlomba Menuju Negeri Sakura

Pop Kultur Des 25, 2019

Tepat pada hari Minggu (24/11) lalu, tim MedForSquad berkesempatan mengunjungi salah satu event Jejepangan terbesar di Kota Surabaya yaitu “Chocodays”.

Gambar mungkin berisi: teks
Event Chocodays’ 19 (Sumber: Fanspage Choco Days Surabaya)

Berlangsung di Balai Pemuda, Kota Surabaya, event ini terselenggarakan bersamaan kompetisi cosplay “Clas:H Hiroshima” yang merupakan kompetisi cosplay untuk mencari perwakilan Indonesia dalam ajang kompetisi cosplay “Pop Culture Hiroshima” yang akan diselenggarakan di Hiroshima, Jepang pada april 2020, Event ini dipandu oleh Richard Vallery sebagai MC.

Ulasan Event

Salah satu tenant kuliner di Chocodays 2019

Untuk harga tiket masuk dari salah satu event terbesar di Surabaya ini masih terjangkau bagi penggemar, sekitar Rp 25.000,-. Setelah memasuki venue kita menemukan tenant-tenant menarik dari berbagai komunitas dan merchandise, untuk segi venue terbilang cukup sempit namun bisa memuat desaknya pengunjung serta keadaan cuaca panas di Kota Surabaya, namun tersedia beberapa AC di dalam venue sebagai pendingin ruangan. Untuk open gate dimulai pada pukul 10.30 WIB.

Rangkaian acara pertama yaitu Anisong Competition diikuti oleh 9 peserta, para peserta unjuk gigi menunjukkan bakat tarik suara masing-masing didepan para juri seperti Syn Evan (vokalis dari band “Re:Alive”) serta Catch Sangaji (perwakilan Indonesia untuk World Karaoke Grandprix 2014). Anisong Competition juga memiliki dua sesi jam 11.00 & 13.00 WIB

Setelah itu, pada pukul 12.15 WIB dilanjutkan sesi talkshow yang bertajuk “Young Generation” merupakan sesi wawancara bersama para cosplayer ternama yaitu Yumaki, Ibun, Mayumi Reena, serta Vega Mandalika yang membahas seputar pengembangan hobi menjadi prestasi dan profesi yang menghasilkan seperti dunia cosplay dan industri kreatif anak muda masa kini.

Kemudian sampailah di inti dari acara yaitu Cosplay Competition “CLAS:H Hiroshima” yang diikuti oleh 14 kelompok peserta. Mereka menunjukkan sebuah drama panggung yang memukau dan maksimal didepan para juri dan pengunjung untuk memperebutkan tiket ke Jepang. Rangkaian acara ini terbagi dua sesi yaitu pukul 14.00 & 16.30 WIB.

Jawara dalam Cosplay Competition “CLAS:H Hiroshima” diraih oleh grup RBB yang memerankan cerita JOJO’S BIZARRE ADVENTURE STARDUST CRUSADER dan akan dikirimkan sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang kompetisi cosplay “Pop Culture Hiroshima” di Hiroshima, Jepang pada April 2020.

Seiyuu Competition

Rangkaian selanjutnya pada pukul 15.15 WIB yaitu Seiyuu Competition merupakan ajang penunjukkan bakat mengisi suara anime-anime populer yang diikuti oleh 6 peserta, dinilai oleh juri yaitu dua orang dubber ternama yaitu Kak Hana Bahagiana (Dubber Uzumaki Naruto dalam serial “Naruto”) serta Kak Agus Nurhasan (Dubber Pria Bertopi Kuning dalam serial “Curious George”) yang merupakan expert dibidang sulih suara.

Talkshow “Regenerasi Dubber Indonesia” bersama dua dubber ternama

Pada pukul 14.45 WIB ada Talkshow seputar “Regenerasi Dubber Indonesia” merupakan sesi wawancara bersama dua dubber ternama yang sekaligus juri Seiyuu Competition yaitu Kak Hana dan Kak Agus yang menceritakan perjalanan karir mereka, serta memberikan informasi menarik seputar dunia dubbing.

Para peserta Coswalk Competition

Coswalk Competition diselenggarkan pada pukul 18.00 WIB yang diikuti oleh beberapa peserta menunjukkan karya terbaik mereka di dunia cosplay dengan properti-properti menarik didepan para juri, dan para pemenang dipilih oleh masing-masing perwakilan juri.

Para pemenang Coswalk Competition pilihan para juri

Lalu, ada pengumuman pemenang berdasarkan kompetisi yang diselenggarakan dari awal acara oleh MC, seperti Anisong Competition, Seiyuu Competition, Artwork Competition, serta Hiroshima Cosplay Competition.

Sebagai penutup acara, ada penampilan oleh kelompok produser Vibetronic yang memberikan remix-remix terbaiknya sehingga para pengunjung sangat antusias & tidak pernah berhenti menari selama lagu masih berjalan hingga selesai.

Tag

Teguh F.

Seorang mahasiswa biasa yang mengikuti perkembangan jaman khususnya dibidang Teknologi & Musik.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.