Presiden Rusia Masih Pakai Windows XP Lawas, Begini Alasannya!

Teknologi Des 26, 2019

Pada umumnya, hampir setiap instansi pemerintahan menggunakan sistem perangkat lunak versi terbaru seperti windows 10 dalam operatornya. Tetapi siapa sangka, Presiden Rusia Vladimir Putin ternyata masih menggunakan sistem operasi Windows XP pada sistem komputernya.

Dilansir dari Tempo dan Akurat, terlihat jelas pada beberapa gambar bahwa Vladimir Putin masih menggunakan OS Windows XP di komputernya. Pemimpin dari Federasi Rusia ini masih mengandalkan sistem operasi yang dirilis pada tahun 2001 tersebut.

Bahkan pihak Kremlin pun belum mengeluarkan pembaruan dari Microsoft dalam lima tahun terakhir. Padahal Microsoft sendiri telah berhenti memberikan dukungan untuk Windows XP pada tahun 2014 dan memperingatkan bahwa komputer yang menjalankan perangkat lunak mungkin lebih rentan terhadap resiko keamanan.

Mengutip dari Open Media via Metro, Windows XP sendiri merupakan sistem Microsoft terakhir yang disetujui untuk digunakan pada komputer resmi pemerintah Rusia. Negeri itu pun juga berencana untuk pindah dari internet global dalam jangka waktu beberapa dekade mendatang dan membangun jaringan internet nasionalnya sendiri.

Selain itu, Rusia pun juga ingin mengganti perangkat lunak standar yang dibuat oleh pihak-pihak luar negeri seperti Microsoft dan Apple dengan perangkat lunak alternatif dari Rusia. Presiden Putin pun juga telah menandatangani undang-undang yang mengharuskan setiap perangkat elektronik yang masuk ke Rusia harus menggunakan sistem yang dibuat oleh negara itu sebelumnya.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.