Menu Tutup

Sambut Tahun Baru bersama Google dengan Trends dan Doodle Spesial!

Tahun 2019 akan segera berakhir tak lama lagi. Seluruh dunia saat ini tengah gegap gempita menyambut pergantian tahun yang juga sekaligus menyambut dekade baru. Google pun juga tak mau ketinggalan. Sebagai tradisi menyambut tahun baru, Google meluncurkan doodle istimewa sempena sambutan tahun 2020.

Hadirnya Froggy, si Katak Cuaca

Doodle edisi tahun baru ini menampilkan suasana saat pergantian tahun di mana kembang api begitu meriahnya menyinari malam. Selain itu, pada doodle kali ini, Google menampilkan sosok Froggy, si katak cuaca. Dilansir dari Gatra, doodle istimewa ini menampilkan malam perayaan tahun baru yang jatuh pada hari ini (31/12) dalam berbagai cuaca. Hal ini senada dengan “fungsi” dari Froggy, yang mana dirinya merupakan karakter yang akan muncul saat pengguna ingin mendapatkan informasi cuaca melalui platform pencarian tersebut.

Froggy nampak tengah bersiap dalam melakoni perayaan malam pergantian tahun dalam segala cuaca. Froggy makin bersemangat mengingat bahwa 2020 merupakan tahun kabisat. Doodle ini sendiri dibuat oleh Sophie Diao.

“Begitu jarum jam tepat menujukkan waktu tengah malam, maka dekade baru akan dimulai! Tahun depan pasti akan menyenangkan ketika kamu menikmatinya….apakah kamu siap untuk partisipasi? Selamat tahun baru!” tulis Google dalam situs resmi doodle mereka.

Cuaca yang ditampilkan dalam Google Doodle Froggy juga sangat beragam dan mencerminkan beberapa kondisi perayaan malam tahun baru dibeberapa belahan dunia.

BACA JUGA :  Demi Keamanan, Google Sarankan Pengguna Microsoft Edge Untuk Dapatkan Chrome
Tampilan halaman depan Google dengan Doodle edisi tahun baru.
Tampilan halaman depan Google dengan Doodle edisi tahun baru.

Tak hanya Doodle, Google juga merangkum tren pencarian terpopuler selama tahun 2019 ini. Tak cuma di Indonesia saja, Google juga telah merangkum berbagai pencarian selama 2019 di berbagai belahan dunia hingga mendapat topik pencarian terpopuler sedunia selama 2019 ini. Kamu dapat melihatnya melalui situs Google Trends berikut. Lalu, topik apa saja yang paling banyak dicari selama 2019 di Indonesia?

Pencarian Terpopuler selama 2019

Pengertian yang banyak dicari di Indonesia adalah topik apa itu Bucin, kemudian disusul topik Ferguso dan ada Gerd di posisi ketiga.  Topik cara hidup sehat menempati posisi pertama pada kategori Bagaimana cara… disusul dengan Cara menjadi orang sukses dan cara naik MRT di posisi ketiga.

Tiga besar kategori film yang banyak dicari selama 2019 adalah Joker, Captain Marvel, dan Shazam!. Film Bumi Manusia menjadi film Indonesia yang paling banyak dicari dan menempati posisi kelima tren ini.

Kepergian tokoh juga menjadi topik yang dicari. Ada presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie, disusul dengan mendiang istri presiden ke-6, ibu Ani Yudhoyono. Adapun Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB , Sutopo Purwo Nugroho menempati posisi ketiga.

Selanjutnya, lagu yang banyak dicari selama 2019 ini adalah Kemarin yang dibawakan oleh Seventeen, kemudian Lily yang dibawakan Alan Walker, K-391, dan Emelie Hollow. Celengan Rindu milik Fiersa Besari menempati urutan ketiga kategori ini.

BACA JUGA :  Bocor Lagi, Yuk Intip Spesifikasi Google Pixel 5!

Peristiwa Nasional yang menggegerkan jagat maya yang banyak dicari adalah kasus Audrey, disusul Cacar Monyet, dan Sidang MK di posisi ketiga. Sementara tokoh yang banyak dicari adalah Nadiem Makarim, mantan CEO Gojek yang kini didaulat sebagai Menteri Pendidikan. Kemudian disusul oleh BTS dan Edhy Prabowo.

Dan sekarang, penelusuran terpopuler di Indonesia selama 2019 adalah Cinta Luar Biasa, kemudian Pilpres 2019 dan disusul oleh film Dua Garis Biru.

Bagaimana? Apa saja yang MedForians cari selama 2019 di Google? Yuk bagikan di kolom komentar! Selamat menyambut tahun baru dari kami, #MedForSquad!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×