Studi CupoNation: Antusiasme Masyarakat Terhadap Harbolnas 12.12 Meningkat 682%

Teknologi 9 Des 2019

Hari belanja online terbesar di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Harbolnas atau pesta belanja online 12.12 kembali digelar pada 12 Desember mendatang. Pertama kali digelar 12 Desember 2012, kampanye ini dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kemudahan belanja online yang aman & nyaman dan bisa dilakukan kapan saja.

Selain itu, gelaran ini juga ditujukan untuk memajukan industri ecommerce di Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi.

Portal diskon tanah air CupoNation melakukan studi untuk mengetahui atensi masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja online harbolnas atau promo 12.12 selama 2 tahun terakhir.

Volume Penelusuran 12.12 melonjak Indonesia

Berdasarkan hasil studi, penelusuran online tentang Harbolnas terus melonjak di Indonesia. Jika dilihat dari jumlah penelusuran online untuk kata kunci “12.12” melalui mesin pencari google, maka dapat disimpulkan jika jumlah orang Indonesia yang menaruh perhatian dan menelusuri kampanye Harbolnas terus melonjak di dua tahun terakhir.

Jumlah penelusuran kata kunci “12.12” saat puncak perayaan Harbolnas meningkat hingga 165 persen di tahun 2017 dibanding tahun 2016, dan kembali melonjak tajam hingga 682 persen pada tahun 2018 dibandingkan tahun 2017.

Wilayah di Indonesia yang masyarakatnya paling antusias terhadap Harbolnas 12.12

Pengguna Internet di Indonesia tersebar luas di berbagai wilayah. Dimana jika dilihat dari sumber wilayah dengan popularitas volume pencarian untuk kata kunci 12.12 tertinggi, maka setidaknya terdapat 5 wilayah di Indonesia yang masyarakatnya sangat antusias terhadap pesta belanja online 12.12. Wilayah di Indonesia dengan volume penelusuran kata kunci 12.12 terpopuler pada pekan Harbolnas di dua tabun terakhir adalah Sulawesi Barat dan disusul oleh Banten.
Berikut adalah deretan wilayah di Indonesia dimana studi menunjukkan jika masyarakatnya memiliki antusiasme tinggi terhadap pesta belanja online 12.12 yang jika diurutkan adalah:

1. Sulawesi Barat
2. Banten
3. Daerah Istimewa Yogyakarta
4. Jawa Barat
5. Sumatra Barat

Di tahun 2017, wilayah yang masyarakatnya memiliki atensi tertinggi terhadap pesta belanja online 12.12 adalah Nusa Tenggara Barat, disusul oleh Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Barat dan Lampung.

Situs belanja online yang paling banyak dicari saat pekan Harbolnas

Saat pekan pesta belanja online Harbolnas, CupoNation juga mencatat beberapa situs belanja online yang memiliki volume pencarian tertinggi. Situs yang menduduki peringkat pertama dengan volume pencarian terbanyak pada mesin pencari Google adalah Shoppe, dan disusul oleh Lazada. Shopee berhasil melesat di urutan pertama saat pekan harbolnas dimana sebelumnya menduduki peringkat ke-3 di tahun 2017.

Berikut adalah situs belanja online yang paling banyak dicari saat pekan pesta belanja online 12.12, yang jika diurutkan adalah:

1. Shopee
2. Lazada
3. Tokopedia
4. Bukalapak
5. Blibli

Di tahun 2017, Lazada merupakan situs yang paling banyak dicari oleh pemburu diskon di Indonesia. Selanjutnya disusul oleh beberapa situs belanja online lain yaitu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Blibli.

Sumber: Press Release

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.