Tak Lagi Bergantung pada Android, Facebook Buat Sistem Operasi Sendiri

Teknologi Des 21, 2019

Facebook sebagai salah satu raksasa media sosial di dunia sepertinya tidak mau berhenti untuk menggebrak dunia. Kali ini, mereka akan membangun sistem operasi sendiri. Dikutip dari XDA Developers, media sosial yang identik dengan warna biru tua ini tidak ingin bergantung lebih lama kepada Android. Perancangan dan pembangunan sistem operasi ini dipimpin oleh Mark Lucovsky, seorang bekas petinggi Microsoft yang turut merancang sistem operasi Windows NT.

Tak Lagi Bergantung Pada Google

Seperti yang diketahui, platform Oculus dan Portal besutan Facebook dibuat berdasarkan hasil modifikasi dari sistem operasi berlogo robot hijau tersebut. Namun, hingga saat ini belum diketahui bagaimana detail sistem operasi baru besutan Facebook ini. Hal ini menimbulkan spekulasi jika Facebook benar-benar ingin lepas dari Android dengan pengembangan sistem operasi ini, sehingga aplikasi VR dan perangkat pintar besutan mereka tak lagi bergantung pada “si robot hijau”. Salah satu petinggi Facebook di bidang AR dan VR, Ficus Kirkpatrick, menyatakan bahwa adalah mungkin perangkat besutan Facebook kedepannya tak lagi bergantung kepada Google. Sehingga, mereka dapat melepas diri dari kontrol Google terhadap perangkat besutan mereka sendiri.

Petinggi Facebook lainnya, Andrew Bosworth memberi pernyataan kepada The Information bahwa mereka ingin memastikan masih ada ruang untuk mereka di masa mendatang. Mereka akan melakukannya sendiri untuk memastikan hal itu terjadi. Pihak Facebook sendiri tak akan bergantung pada manuver pasar dan kompetitor.

Tak Hanya Bangun Sistem Operasi

Bersama dengan perangkat Oculus dan Portal, Facebook juga tengah mengembangkan kacamata AR dengan kode “Orion”. Proyek ini diperkirakan akan hadir awal 2023 mendatang. Namun, di saat yang sama, Apple juga tengah mengembangkan hal yang sama, dan diperkirakan juga akan hadir di saat yang sama. Facebook juga tengah mengembangkan antarmuka untuk kacamata tersebut yang dapat dikontrol dengan otak. Sehingga, pengguna dapat menggunakan pikiran mereka untuk mengontrol kacamata tersebut.

Facebook dilaporkan juga bekerja pada perangkat keras chip kustomnya sendiri, bersama dengan asisten suara yang dikonfirmasi awal tahun ini. Perlu dicatat bahwa upaya Facebook sebelumnya untuk mengembangkan OS sendiri tidak berhasil dengan baik. Mengingat, pada 2013 lalu, upaya untuk membangun sistem operasi berbasis Android yang ditanam ke dalam ponsel HTC belum dapat sepenuhnya diterima publik.

Penasaran bagaimana tampilan dari sistem operasi masa depan besutan Facebook? Yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.