Menu Tutup

Ascendance of a Bookworm Puncaki Ranking Popularitas Novel Ringan Yang Diadaptasi jadi Anime Tahun 2019

Menyusul peringkat penjualan yang dilaporkan bulan lalu, layanan toko buku hybrid Jepang Honto merilis lima besar jajak pendapat popularitas untuk seri novel ringan atau light novel yang diadaptasi jadi anime pada tahun 2019 kemarin. Hingga Januari 2020, layanan ini memiliki anggota terdaftar sebanyak 5,4 juta orang dan jajak pendapat dilakukan sejak 20 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

Dilansir dari Crunchyroll, Selasa (28/1) kemarin, seri novel ringan yang paling populer menurut para anggota Honto adalah Ascendance of a Bookworm karya Miya Kazuki. Seri ini juga berada pada peringkat ketiga dalam penjualan berdasarkan data dari toko online Honto, toko buku digital, dan toko buku besar.

Adaptasi animenya sendiri telah ditayangkan sejak 3 Oktober hingga 26 Desember 2019 dengan 14 episode. Berdasarkan survei, 61% pembaca serial ini adalah wanita dan 39% pria, dengan 16% berusia 30-an, 38% berusia 40-an, dan 25% berusia 50-an. Serial ini juga mendominasi jajak pendapat popularitas online Akiba Souken untuk serial anime pada musim gugur 2019.

BACA JUGA :  Bu Sisca Bukan Pamit dari Perkulineran, Kalian Kena Prank!

Sementara itu, posisi kedua diraih oleh serial karangan Makoto Sanda, The Case Files of Lord El-Melloi II yang meraih posisi keempat dalam penjualan. Serial ini dibaca oleh 34% pria dan 66% wanita dengan rincian 17% berusia 20-an, 38% berusia 30-an, dan 28% berusia 50-an.

Sedangkan posisi ketiga diraih oleh serial karangan Fujino Omori, Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon atau dikenal sebagai Danmachi yang meraih posisi pertama dalam penjualan dengan persentase pembaca 95% pria.

Posisi keempat ditempati Demon Lord, Retry!“(Kurone Kanzaki / Futabasha) dengan persentase pembaca Pria – 62% / Wanita – 38%. Sedangkan peringkat lima besar ditutup dengan Sword Art Online.

Pembaca wanita sangat antusias

Menurut survei, lebih dari 60 persen pembaca dari dua seri teratas adalah wanita. Di sisi lain, 95 persen pembaca DanMachi adalah laki-laki.

BACA JUGA :  Re:Zero Season 2 Jadi Anime Summer 2020 Terbaik Pilihan Fans Jepang Versi NTT Docomo

Siaran pers menyimpulkan berdasarkan fakta bahwa seri yang didukung oleh popularitas wanita menyalip peringkat penjualan dan peringkat tinggi, “Dapat dikatakan bahwa wanita lebih antusias dengan seri favorit mereka.”

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×