Asus Pamerkan Monitor Gaming 360Hz Terbaru

Gaming 7 Jan 2020

Pada bulan April 2019 kemarin, Asus sempat membuat sebuah lelucon “April Mop” berupa sebuah monitor yang memiliki refresh rate sebesar 360Hz. Nampaknya, kini lelucon tersebut bukanlah sekedar lelucon belaka, pasalnya mereka benar-benar membuat monitor tersebut.

Diwartakan melalui Detik.com, Senin (6/1), monitor yang ditempatkan di lini gaming milik Asus yaitu ROG ini rencananya akan dipamerkan di CES 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat.

ROG Swift 360Hz

Monitor gaming ini diberi nama ROG Swift 360Hz. Sesuai namanya, monitor ini memiliki kecepatan refresh rate sebesar 360Hz. Monitor ini memiliki ukuran yang cukup tanggung di 24,5 inch dan resolusi maksimal di Full HD atau 1080p, yang menurut kami terlalu tanggung untuk sebuah monitor gaming kelas tinggi.

Namun hal tersebut bukan menjadi sebuah dealbreaker, karena monitor ini memiliki refresh rate yang sangat tinggi, dan disertai oleh teknologi dari Nvidia yaitu G-Sync. Asus mengklaim bahwa monitor ini merupakan monitor gaming dengan teknologi G-Sync dengan refresh rate tertinggi.

Tetapi, meskipun memiliki refresh rate tinggi, untuk menikmati game yang mendukung refresh rate tinggi juga, dibutuhkan GPU yang memiliki spesifikasi yang sangat tinggi. Menurut kami, hanya beberapa game kompetitif saja yang worth it untuk dimainkan dengan refresh rate tinggi, contohnya adalah CS:GO, Overwatch, Dota 2, PUBG, dll.

Sebagai perbandingan, ROG Swift 360Hz bisa menampilkan frame gambar berbeda setiap 2,8ms, atau enam kali lebih cepat ketimbang monitor biasa ataupun televisi pada umumnya.

Monitor ini dipamerkan oleh Nvidia di ajang CES 2020, namun monitornya belum akan dirilis saat ini. Asus hanya menyebut perilisannya akan dilakukan pada 2020 ini, namun belum mengungkap tanggal pasti serta harganya.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa