Bebas Iklan di Layanannya, Begini Penjelasan Netflix!

Teknologi Jan 24, 2020

Biasanya, platform layanan streaming musik atau film menyediakan dua cara untuk menikmati layanannya, yang satu tidak berbayar namun dipenuhi sejumlah iklan yang kadang mengganggu kenyamanan, yang satu lagi berbayar, yang memiliki banyak keunggulan dari yang tidak berbayar, salah satunya adalah tidak adanya iklan.

Namun berbeda dengan layanan film asal Amerika Serikat yaitu Netflix. Netflix dalam layanannya, tidak menayangkan satu pun iklan kepada pemirsanya. Netflix juga enggan menyediakan layanannya secara gratis seperti Youtube. Alasannya adalah, bila mereka melakukan hal tersebut, maka dapat merusak citra dari Netflix yang merupakan layanan bebas iklan.

Dikutip dari Bussiness Insider melalui Kompas Tekno, Kamis (23/1), CEO Netflix, Reed Hastings menegaskan, bahwa untuk membangun sebuah bisnis yang menggunakan jasa iklan untuk platform digital, harus melibatkan beberapa perusahaan besar dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

“Mereka mengintegrasikan data dari berbagai sumber. Untuk bisa bertahan dengan raksasa-raksasa itu, Anda harus mengeluarkan biaya sangat besar untuk melacak lokasi dan hal-hal lain yang tidak ingin kami lakukan,” jelas Hastings.

Selain itu, alasan lainnya adalah dalam beberapa tahun terakhir, otoritas keamanan siber di Eropa dan Amerika juga memperketat pengawasan terhadap perusahaan yang menggunakan data pribadi penggunanya. Google dan Facebook pernah terlibat kasus penyelewengan penggunaan data pribadi milik penggunanya dan dijatuhi denda yang tidak sedikit jumlahnya.

Hasting juga ingin Netflix tetap berada di jalan yang benar melalui slogannya “Netflix and Chill”, yang menjadikan perusahaannya sebagai paltform hiburan yang menyenangkan dan tidak mengganggu data pribadi penggunanya.

“Kami ingin menjadi “tempat” istirahat di mana Anda bisa bereksplorasi, bisa terstimulasi, bahagia, santai, dan relaks, tanpa ada kontroversi ekploitasi pengguna dengan munculnya iklan,” kata Hastings

Maka dari itu, Netflix mempunyai cara sendiri untuk mempromosikan layanannya. Salah satunya adalah membuat kerjasama dengan beberapa merk untuk mempromosikan Netflix dan melakukan penempatan produknya di film original milik Netflix.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.