Browser Edge Chromium Baru Resmi Diluncurkan Untuk Windows dan macOS

Teknologi Jan 17, 2020

Microsoft secara resmi meluncurkan browser Edge Chromium baru pada Rabu (15/1) di Windows dan macOS. Versi browser yang stabil sekarang tersedia untuk diunduh oleh semua orang, lebih dari setahun setelah pembuat perangkat lunak mengungkapkan rencananya untuk beralih ke Chromium.

Dikutip dari The Verge, Kamis (16/1) Microsoft awalnya menargetkan Edge pada pengguna perusahaan Windows dan macOS, tetapi konsumen juga dapat mengunduh dan menginstalnya secara manual.

Dalam beberapa bulan mendatang, Microsoft berencana untuk memperbarui pengguna Windows 10 secara otomatis dengan Edge versi baru ini yang akan sepenuhnya menggantikan browser bawaan yang ada.

Perusahaan ini mengambil pendekatan yang lambat dan hati-hati, membawa Edge baru secara bertahap ke grup pengguna Windows 10 melalui Pembaruan Windows sebelum sepenuhnya diluncurkan bagi semua pengguna di musim panas.

Microsoft juga merilis versi Edge ini untuk OEM, jadi bisa diharapkan untuk melihat mesin tersebut tiba di periode back-to-school dengan versi baru Edge yang sudah diinstal.

Microsoft pada akhirnya akan memasang ini secara langsung ke dalam pembaruan Windows 10 di masa depan, dan itu akan menjadi bagian dari Windows 10X untuk perangkat yang dapat dilipat dan layar ganda. Versi ARM64 dari Edge tidak akan tersedia sat perilisan, tetapi diharapkan untuk datang sesegera mungkin.

Fitur Edge Chromium

Sejak Edge Chromium diluncurkan, sejumlah fitur ikut tersedia, termasuk beberapa fitur yang mungkin pengguna kenal jika terbiasa menggunakan Chrome. Sinkronisasi riwayat dan sinkronisasi ekstensi tidak ada saat peluncuran, tetapi hal-hal seperti favorit, pengaturan, alamat / info kontak, dan kata sandi semua akan disinkronkan.

Microsoft berencana untuk memiliki fitur sinkronisasi yang baru tersedia akhir tahun 2020. Hal baiknya adalah Edge yang lain sangat mirip dengan Chrome dan bahkan menyertakan dukungan untuk ekstensi Chrome. Di mana Edge berbeda adalah fitur baru seperti Koleksi, yang memungkinkan pengguna untuk menyusun gambar dan konten dari web, dan melacak pencegahan.

Pengguna dapat memilih dari tiga level yang berbeda untuk menghindari dilacak di web Edge, dan pengaturan default akan memblokir pelacak dari situs yang belum dikunjungi sebelumnya. Hal ini memastikan konten dan iklan kurang personal dan pelacak berbahaya diblokir.

Ada juga pengaturan ketat yang memblokir sebagian besar pelacak di web, tetapi itu bisa berarti beberapa bagian situs gagal dimuat atau mungkin tidak berfungsi dengan benar. Jika pengguna terbiasa dengan Ghostery, maka Edge perlindungan bawaan Microsoft memiliki hal serupa.

Microsoft mendukung pengguna perusahaan yang beralih untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur seperti mode Internet Explorer, yang memungkinkan bisnis memuat situs IE lama di dalam Edge secara otomatis.

Fitur anti-pelacakan yang ditambahkan, Koleksi, dan dukungan untuk 4K Netflix dengan Dolby Atmos dan Dolby Vision juga akan menjadi pembeda penting atas Chrome.

Ada juga aspek kepercayaan dan perusahaan peramban mana yang ingin Anda percayai dengan riwayat perambanan dan privasi Anda. Google menghapus cookie dan pelacak pihak ketiga di Chrome tetapi tidak selama dua tahun. Itu memberi Edge, Safari, Firefox, dan lainnya kesempatan untuk memanfaatkan pengguna web yang sedikit lebih sadar privasi.

Ini saja tidak akan cukup untuk membuat semua orang beralih dari Chrome, tetapi Microsoft memiliki kesempatan yang lebih baik daripada kebanyakan dengan dominasi Windows di perusahaan dan fakta Edge sekarang jauh lebih kompatibel dengan web.

Kompatibilitas adalah kunci, dan ini adalah salah satu alasan utama mengapa Microsoft memilih Chromium. Chromium menawarkan kompatibilitas web instan, dan juga memungkinkan Microsoft untuk membawa peramban webnya ke tempat lain. Tidak seperti biasanya, Microsoft merilis Edge untuk Windows 7 hari ini, meskipun baru saja keluar dari dukungan.

Microsoft tidak akan mengatakan berapa lama akan mendukung Edge pada Windows 7, tetapi Google telah berkomitmen untuk setidaknya hingga pertengahan 2021. Edge juga tiba di Windows 8.1 dan macOS, dan sedang diperbarui di Android dan iOS.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.