Diam-diam, Instagram Hapus Tombol IGTV Karena Jarang Dipakai

Teknologi Jan 21, 2020

Jakarta – Tidak banyak yang tahu bahwa sejak 13 Januari 2020 berdasarkan pembaruan terbaru di Play Store, Instagram menghapus tombol IGTV yang sebelumnya ada di sisi kiri tombol direct message. Pengguna masih bisa mengakses IGTV lewat feed, tab explore, profil akun dan aplikasi IGTV tersendiri

Hal ini baru disampaikan oleh Instagram lewat juru bicara perusahaan Facebook kepada TechCrunch. Dilansir dari KompasTekno, alasan dibalik penghapusan tombol IGTV di Instagram adalah karena pengguna Instagram jarang memakai tombolnya untuk mengakses konten IGTV.

Para pengguna Instagram biasanya melihat video-video IGTV lewat tab explore dan aplikasi IGTV. Pihak Instagram juga menyatakan bahwa dia ingin fungsi aplikasinya bisa sesederhana mungkin.

Instagram menghilangkan Tombol IGTV berdasarkan pernyataan tersebut dan umpan balik dari para pengguna.

Di sisi lain, jumlah pengguna aplikasi IGTV dibandingkan TikTok bagaikan bumi dan langit dengan 1 juta dibandingkan 80,5 juta di Amerika Serikat pada 2018. Hal ini membuktikan bahwa IGTV kurang populer dan jarang dipakai yang mengakibatkan penghapusan tombolnya di Instagram.

Penyebab IGTV jarang dipakai ialah minimnya sistem monetisasi konten yang berupa penggantian biaya produksi dalam mekanisme kontrak untuk selebgram.

Dikutip dari Bloomberg, kontrak tersebut berupa larangan untuk mengupload video bertema politik, pemilu dan masalah sosial.

Dengan demikian pengguna takkan bisa mengakses konten IGTV langsung dari satu tombol di pojoknya Instagram melainkan lewat aplikasi sampingannya Instagram.

Pengguna masih bisa mengaksesnya lewat cuplikan di feed, tab explore atau akun profil kreatornya.

Tag

Apta Ghany Irsyad

Dikenal sebagai miekuah, dia memulai merintis pengembangan pengalamannya sebagai penulis artikel. Sebuah pengalaman bisa lebih berharga daripada harta itu sendiri

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.