Donasi Akhir Bagi Korban Tragedi Kyoto Animation Dikonfirmasi Lebih Dari 3 Milyar Yen

Pop Kultur Jan 20, 2020

Sudah lebih dari 6 bulan sejak Kyoto Animation diserang oleh seorang pelaku pembakaran, menewaskan 36 orang dan melukai 33 karyawan studio anime yang sangat dicintai. Para penggemar mencurahkan isi hati mereka yang ingin melakukan bagian mereka untuk mendukung studio.

Laporan akhir dari Yahoo News yang dilansir dari Crunchyroll, Senin (20/1) menyebutkan bahwa setelah tragedi itu, lebih dari 3,34 miliar yen (atau sekitar US $ 30,4 juta) disumbangkan ke Kyoto Animation bagi para korban.

Dalam sebuah konferensi pers yang digelar pada Jumat (17/1) lalu, Gubernur Kyoto Takatoshi Nishiwaki menjelaskan bahwa komite telah dibentuk untuk mendistribusikan uang secara efektif baik bagi semua korban dan keluarga mereka dari rekening bank sumbangan yang dibuat oleh Kyoto Animation yang telah ditutup pada 27 Desember.

Sementara itu, Nishiwaki mengatakan bahwa ia ingin “menyampaikan perasaan yang diterima dari Jepang dan luar negeri sesegera mungkin” dengan memberikan uang itu, dan mengungkapkan bahwa beliau perlu waktu untuk mengumpulkan informasi tentang korban.

Berbagai pertanyaan telah dikirimkan kepada para korban dan keluarga untuk membantu komite menentukan jumlah alokasi per korban dalam berbagai masalah, termasuk anak-anak yang mungkin ditinggalkan tanpa orang tua, cedera yang berlangsung lama, atau kehilangan upah.

Nishiwaki mengatakan bahwa keadaan individu setiap orang berbeda, dan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Sejauh ini, “mayoritas” kuesioner dari keluarga telah dikembalikan ke komite dan pertemuan berikutnya akan diadakan pada awal Februari.

Di luar donasi, Kyodo News melaporkan bahwa kompensasi kepada keluarga para korban sudah dimulai, dengan persetujuan dikirimkan paling cepat November lalu.

Pembayaran ini didasarkan pada kompensasi yang diberikan kepada para korban dan keluarga mereka dari insiden serangan gas sarin yang terjadi 1995 silam di Tokyo. Tidak ada rincian tentang apa yang termasuk dalam klaim, atau berapa banyak yang dibagikan saat diumumkan kepada publik karena alasan privasi.

Peringatan tragedi Studio 1 Kyoto Animation

Sabtu (18/1) lalu ditandai sebagai peringatan 6 bulan serangan tersebut, dan penggemar dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke bangunan yang tersisa dari Studio 1 Kyoto Animation.

Saat ini pembongkaran dijadwalkan baru akan selesai pada bulan April 2020. Belum diumumkan apa yang akan dibangun di situs peringatan itu.

Sumber gambar: Nifty News

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.