Kembangkan Kualitas Perfilman Nasional, Kemendikbud Gaet Netflix

Kreasi Jan 09, 2020

Gebrakkan terbaru hadir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemendikbud menggandeng platform streaming film on demand Netflix untuk memberikan pelatihan kepada para sineas lokal dan pembuat film dalam negeri, khususnya para penulis naskah agar mampu bersaing di kancah internasional.

Dilansir dari akun Instagram dan Twitter resmi Netflix Indonesia, Kamis (9/1), platform tersebut berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia melalui investasi sebesar 1 Juta USD atau sekitar Rp 4 miliar.

Nantinya para insan film Indonesia akan diundang untuk mengikuti program “Script to Screen” di Hollywood dan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix serta komunitas kreatif global lainnya.

“Kami percaya akan ada banyak cerita hebat yang dihasilkan dari Indonesia. Melalui inisiatif-inisiatif ini, kami ingin bisa berkontribusi pada pertumbuhan komunitas kreatif di Indonesia. Netflix juga berharap cerita-cerita tersebut bisa membawa tema-tema unik mengenai Indonesia dan dapat dinikmati oleh masyarakat dunia,” ujar Kuek Yu Chuang, Managing Director of Netflix Asia-Pacific.

Sementara itu, dikutip dari Warta Ekonomi, adapun program Netflix dalam mendukung pertumbuhan perfilman Indonesia antara lain meliputi workshop proses pembuatan film dari penulisan sampai tayang bersama tim Netflix di Jakarta dan Hollywood, kompetisi film pendek, online safety training program, serta agile governance workshop bersama World Economic Forum.

“Kami apresiasi Netflix yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan perfilman Indonesia. Kemitraan ini kita lakukan sebagai upaya mendukung dan menginternasionalkan produksi film anak bangsa,” ungkap Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sembari memberikan apresiasi.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.