Menu Tutup

Masih Pakai Windows 7? Upgrade ke Windows 10!

Jakarta – Selasa 14 Januari 2020, menjadi hari penentuan untuk Windows 7, sistem operasi yang paling sering digunakan selain Windows XP.

Microsoft secara resmi mencabut semua bentuk dukungan ke Windows 7. Hal ini sama saja dengan menyatakan sistem operasi tersebut sudah ‘meninggal’.

Ya walaupun begitu, kalian masih dapat menggunakan sistem operasi ini. Bahkan, sampai kapan pun sebenarnya kalian masih bisa pergunakan. Namun, seiring waktu berlalu, resiko terserang virus dan peretasan lainnya semakin besar.

Lama-kelamaan sistem operasi ‘lawas’ ini juga akan dihentikan dukungannya oleh perangkat keras terbaru.

Namun, semua orang tentunya tidak akan langsung pindah dari Windows 7. Butuh waktu untuk melakukan migrasi, terutama untuk mesin dan perusahaan yang memiliki peran penting, seperti ATM.

Pengguna Windows 7 Bisa Upgrade Gratis Lho!

Mau tidak mau, jika kalian masih ingin menggunakan sistem operasi Windows, maka kalian harus upgrade.

Terdapat beberapa opsi untuk kalian, mulai dari Windows 8, Windows 8.1 hingga Windows 10. Namun, microsoft dan #MedForSquad merekomendasikan untuk upgrade ke Windows 10.

Mengapa? Sistem operasi ini adalah sistem operasi terbaru dan ‘terakhir’ oleh Microsoft. Artinya, tidak akan ada lagi ‘Windows 11’. Microsoft akan memberikan pembaruan berkala untuk sistem operasi ini agar mengikuti perkembangan zaman.

Bahkan, kalian dapat melakukan upgrade secara gratis lho! Tapi ini khusus buat pengguna Windows 7 ya.

Pembaruan tersebut biasanya hadir setiap 6 bulan sekali dalam satu paket update besar. Contohnya adalah Redstone 5, Creators Update, dan lain-lain.

BACA JUGA :  Rumor: Microsoft akan Beli TikTok Pasca Isu Keamanan

Bagaimana Cara untuk Upgrade?

Bagi kalian pengguna Windows 7 yang ingin melakukan upgrade ke Windows 10, kalian hanya perlu mengikuti beberapa langkah mudah berikut.

Pertama-tama, kalian perlu kunjungi laman dari Microsoft untuk mendownload software yang akan mengunduh Windows 10.

Kemudian, akan ada tulisan Create Windows 10 installation media. Dibawahnya, akan ada tombol download. Klik tombol tersebut untuk mengunduhnya.

Setelah didownload, jalankan program tersebut dan pilih opsi Upgrade jika ingin mengupgrade Windows kalian. Jika tidak, kalian dapat memilih opsi “Create installation media for another PC” untuk mendownload file ISO tanpa langsung menginstall.

Kemudian, ikuti petunjuk yang ada dan tunggu hingga download telah selesai.

Apabila kalian sudah melakukan upgrade, kalian dapat melihat status aktivasi windows kalian melalui Settings. Kalian tinggal buka Settings, kemudian cari Update & Security, lalu klik Activation.

Jadi, kalian tidak perlu repot-repot menginstall ulang. Semua data akan masih tetap utuh seperti sebelumnya.

Banyak Alternatif Lainnya

Kalian juga dapat menggunakan sistem operasi selain Windows jika ingin mencoba hal baru. Sistem operasi alternatif paling populer adalah Ubuntu, salah satu varian Linux.

Banyak sekali varian atau distro Linux yang tersebar di Internet. Kalian hanya perlu pilih salah satu yang menurut kalian cocok.

BACA JUGA :  Mulai 2021, Cortana Hengkang dari Speaker Harman Kardon Invoke dan Surface Headphone

Dahulu, Windows 10 memang masih terkesan baru dan memiliki banyak masalah. Namun, seiring waktu Microsoft terus memberikan pembaruan dan dukungan lainnya. Hal ini membuat Windows 10 sekarang sudah menjadi sistem operasi yang cukup mumpuni.

Lagipula, pada sistem operasi terbaru ini, banyak sekali perubahan menarik dibandingkan sistem operasi sebelumnya.

Contohnya adalah pengembalian menu Start yang sempat hilang di Windows 8 dan Windows 8.1. Kemudian, terdapat asisten suara Cortana yang dapat membantu kalian dalam pengoperasian komputer.

Tentunya, sistem operasi terbaru ini juga memiliki tingkat keamanan terbaru yang dapat melindungi kalian dari serangan virus maupun peretasan. Hal ini juga didukung oleh terdapatnya antivirus bawaan, yaitu Windows Defender Antivirus (sebelumnya bernama Windows Defender).

Melihat perkembangan virus yang semakin membahayakan, seperti WannaCry, sangat direkomendasikan untuk kalian mengganti sistem operasi lawas ke sistem operasi terbaru.

Walau tidak seratus persen terjamin, setidaknya kalian akan lebih aman dalam berseluncur di dunia maya.

Kembali ke Atas

BACA JUGA

Yuk, Berkomentar!

×