RIP, Windows 7 Masuki Masa Akhir Dukungan dari Microsoft

Teknologi Jan 14, 2020

Jakarta – Microsoft resmi menghentikan dukungan pada sistem operasi Windows 7 mulai dari tanggal 14 Januari 2020, lebih tepatnya pada esok hari.

Alasan utama keputusan ini dibuat adalah untuk mempercepat peralihan sistem operasi sebelumnya ke versi terbaru, yaitu Windows 10.

Dukungan yang dimaksud adalah dukungan tambahan (extended support). Untuk dukungan umum atau mainstream, Microsoft sudah menghentikannya untuk Windows 7 pada tahun 2015 yang lalu.

Perbedaan utama dari mainstream dan extended adalah pada mainstream, Microsoft masih memberikan dukungan penuh pada sistem operasi, seperti penambahan fitur, perubahan tampilan, hingga pembaharuan keamanan.

Biasanya mainstream support memiliki durasi sepanjang 5 tahun setelah sistem operasi dirilis ke masyarakat.

Apabila mainstream support sudah habis, maka extended support akan memberikan dukungan terbatas selama kurang lebih 5 tahun berikutnya. Pada fase ini, Microsoft hanya memberikan pembaharuan keamanan saja.

Apabila Microsoft sudah menghentikan kedua fase dukungan ini, maka sistem operasi tersebut akan “ditinggalkan” tanpa ada pembaharuan lagi.

Yakin Masih Mau Pakai Windows 7 Setelah Ini?

Windows 10 yang sempat digratiskan bagi pengguna Windows 7 dan 8.1
Windows 10 yang sempat digratiskan bagi pengguna Windows 7 dan 8.1

Walau pengguna masih dapat menggunakan sistem operasi ini meski sudah melewati tengat waktu tersebut, komputermu akan rentan terhadap permasalahan, seperti bug, celah keamanan, dan virus komputer. Hal ini akan membuat sistem operasi tersebut menjadi kurang aman untuk dipakai.

Semakin berjalannya waktu, aplikasi lainnya juga akan menghentikan dukungan terhadap sistem operasi lawas, sehingga pengguna hanya dapat menggunakan aplikasi versi terdahulu. Pada fase ini, sistem operasi tersebut dapat dikatakan sudah “mati”.

Kalian yang masih menggunakan Windows 7 hingga hari ini sangat disarankan untuk memulai migrasi sistem operasi secepat mungkin. Apakah dengan meng-upgrade ke versi Windows yang lebih baru atau pindah ke sistem operasi selain Windows.

OS Microsoft Terbaik Selain Windows XP

Wallpaper Windows XP, Bliss.
Wallpaper Windows XP, Bliss.

Banyak pengguna yang nampaknya bersikeras bertahan dan enggan menggunakan OS terbaru dari Microsoft. Beberapa bertahan karena sudah betah dan tidak ingin beradaptasi dengan interface baru di Windows 8.1 atau 10.

Penghentian dukungan bagi Windows 7 mengingatkan kembali ke masa serupa saat Microsoft juga menghentikan dukungan bagi Windows XP. Kedua OS ini memiliki pangsa pasar yang cukup besar dan sukses di pasaran.

Dirilis tahun 2009, edisi Windows penerus Windows Vista ini menjadi angin segar. Windows Vista gagal meraih pangsa pasar karena sistem yang cukup berat dan buggy, hingga banyak pengguna kekeuh bertahan di Windows XP.

Fitur yang ditawarkan sebenarnya tidak jauh berbeda dari Windows Vista, namun saja lebih baik. Akhirnya banyak pengguna Windows XP yang hijrah ke 7.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.