Sampai Jumpa Nanami Madobe, Maskot Windows 7 yang akan 'Graduate'

Pop Kultur Jan 07, 2020

Microsoft telah lama mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk Windows 7 hanya dalam beberapa hari lagi. Sistem operasi penerus Windows Vista tersebut akan berhenti menerima pembaruan keamanan dan perbaikan pada tanggal 14 Januari 2020.

Sebelumnya, Microsoft juga telah memberikan kesempatan upgrade gratis pada peluncuran OS terbarunya, Windows 10. Meskipun demikian, masih banyak pengguna yang bertahan menggunakan OS yang dirilis tahun 2009 ini.

Tak bisa dipungkiri, Windows 7 memang salah satu OS terbaik Microsoft selain Windows XP dan Windows 95.

Hanya di Jepang

Di Jepang, peluncuran Windows 7 menjadi salah satu yang terunik di seluruh dunia. Bahkan Windows 7 memiliki maskotnya sendiri yang bernama Nanami Madobe. Nanami menjadi maskot resmi Windows pertama yang bukan buatan penggemar.

Sejak saat itu, perilisan maskot resmi turut menjadi tradisi dalam perilisan Windows di Jepang. Windows 8 punya Yuu dan Ai Madobe, dan Windows 10 punya Touko Madobe. Maskot resmi tersebut bahkan dapat dijumpai di edisi khusus Windows yang eksklusif dijual di Jepang.

Namun karena masa dukungan Windows 7 akan segera berakhir, begitupun “masa bakti” Nanami Madobe sebagai maskot.

Nanami Madobe akan “Graduate”

Microsoft Japan bekerjasama dengan DigitalDIY untuk menggelar “acara kelulusan” Nanami Madobe.

Pelanggan yang membeli edisi spesial Windows 10 atau PC dengan Windows 10 spesial tersebut akan berkesempatan untuk mendapatkan souvenir spesial kelulusan Nanami Madobe. Setelah membeli, pelanggan akan menerima kode khusus untuk didaftarkan dalam undian hadiah spesial. Ini dilakukan guna mendorong pengguna Windows 7 untuk segera beralih ke Windows 10.

Berbeda dengan saat peluncuran di tahun 2009, maskot dengan rambut bob berwarna biru ini kini menggunakan kimono biru-pink dengan model yang sering digunakan di perayaan tahun baru di Jepang.

Selain itu, DigitalDIY juga membuat serangkaian video perbandingan performa Windows 7 dan Windows 10 yang dibintangi oleh Nanami dan Touko Madobe sendiri.

Nanami tampak bahagia dan baik-baik saja dengan PC Windows 7 miliknya, hingga Touko Madobe memberitahunya soal performa Windows 10 dan PC baru miliknya.

Kamu dapat menonton videonya di playlist berikut ini!

DigitalDIY juga memberikan paket wallpaper khusus yang dapat kamu unduh untuk ponsel dan desktop.

Uniknya, kedua maskot Windows ini sama-sama memiliki akun Twitter resmi. Nanami dapat diikuti di @windows7_nanami dan Touko dapat diikuti di @windows10_toko.

Terima kasih, Nanami-chan! Yoroshiku onegaishiimasu, Touko-chan!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.