Menu Tutup

Screenwriter Ultraman, Shozo Uehara Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia Tokusatsu. Shozo Uehara, salah satu penulis skenario untuk serial Ultraman meninggal dunia pada tanggal 2 Januari 2020 di usia yang ke-82 tahun akibat kanker hati. Kabar mengenai kematiannya diumumkan kepada publik setelah pemakaman yang dilaksanakan oleh kerabatnya.

Dilansir dari Anime News Network dan Crunchyroll, Kamis (9/1), Shozo Uehara merupakan seorang screenwriter yang terkenal dalam menulis skenario untuk serial tokusatsu Ultraman. Selain Ultraman, debutnya juga dikenal sebagai penulis utama dalam seri Super Sentai Pertama, Himitsu Sendai Goranger atau lebih dikenal sebagai Power Rangers.

Shozo Uehara sendiri dilahirkan pada 6 Februari 1932 di Naha, Okinawa. Beliau dan keluarganya selamat dari Perang Dunia Kedua dan melarikan diri ke Taiwan pada September 1944. Sebulan kemudian, keluarga Uehara berusaha kembali ke Naha, namun akhirnya mereka menetap di Kumamoto  sampai 1946 setelah terombang-ambing di lautan selama dua minggu sebelum sampai ke Kagoshima.

BACA JUGA :  Persembahan dari Vibetronic yang Spesial untuk Hari Ayah

Setelah lulus dari Universitas Chuo, Uehara bergabung dengan Tsuburaya Productions dan memulai debut pertamanya pada episode ke-21 serial Ultraman Ultra Q. Pasca pindah kembali ke Okinawa, ia pun menjadi penulis untuk serial Ultraman ke-4, The Return of Ultraman.

Pada 1973, Uehara bekerja sama dengan Toei Productions menciptakan waralaba Super Sentai Himitsu Sentai Goranger. Selain itu, ia juga memimpin tim penulis dalam serial tokusatsu Spiderman. Ia pun juga menjadi penulis skenario episode dalam anime Dororon Enma-kun, Hokuto no Ken, Space Pirate Captain Harlock, dan yang lainnya.

BACA JUGA :  Apa Saja Jenis Tank Ōarai di Film Girls und Panzer das Finale: Part 1?

Ia kembali menulis Ultraman pada 1996 dengan tajuk Ultraman Tiga dan merilis Kijinuma Kids pada 2017 yang memenangkan Joji Tsubota Literacy Award pada 2018.

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×