Terdapat Bug, Microsoft Terpaksa Rilis Update untuk Windows 7

Teknologi 29 Jan 2020

Windows 7 sudah dimatikan oleh Microsoft pada awal Januari 2020 lalu. Namun secara mengejutkan, tiba-tiba muncul update terbaru dari Windows 7 yang sudah ditinggalkan oleh Microsoft.

Ternyata, update yang menjadi final update pada Windows 7 tersebut menimbulkan sebuah bug yang cukup mengganggu para pengguna Windows 7. Pasalnya, dalam beberapa kasus, pengguna melaporkan bahwa mereka mengalami layar yang menjadi hitam ketika mengatur wallpaper dalam mode stretch dan beberapa kasus lain.

“Setelah menginstal KB4534310, wallpaper desktop anda akan menjadi hitam saat pengaturannya dipasang ke Stretch,” tulis Microsoft.

Benar, wallpaper yang berubah menjadi hitam ini hanya terjadi saat pengguna memilih opsi Stretch, sementara untuk opsi lain seperti Fit, Fill, Tile, ataupun Center masih berfungsi dengan normal. demikian dikutip dari The Verge melalui DetikNET, Selasa (28/1).

Bagi Microsoft, ini menjadi hal yang sangat memalukan. Karena bug ini muncul setelah mereka seharusnya tidak lagi memberikan pembaruan untuk OS jadul tersebut. Terlebih lagi setelah sebelumnya mereka meminta pengguna untuk membayar agar terus mendapat dukungan di OS tersebut.

Seharusnya, tambahan dukungan ini hanya tersedia untuk perusahaan atau organisasi yang sudah membeli Windows 7 Extended Security Updates ESU), yang biayanya adalah USD 25 hingga USD 50 per komputer.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa