Tetris Mobile Resmi Ditinggalkan EA

Gaming Jan 25, 2020

Media Formasi – Buat kalian para penggemar game Tetris mobile, kabar yang satu ini tentu terdengar menyedihkan. Electronic Arts (EA) memutuskan untuk menarik game tersebut dari Google Play Store dan Apple App Store.

Dilansir dari Engadget melalui Detikcom, EA secara resmi akan menghentikan dukungannya untuk Tetris 2011, Tetris Blitz dan Tetris Premium pada tanggal 21 April 2020. Kalian yang sudah menginstalnya, masih akan bisa terus memainkannya. Jadi, pengguna lama tidak akan ada masalah untuk mengakses game tersebut.

Sayangnya, tidak ada penjelasan detail mengenai alasan EA menghentikan game yang cukup populer dan legendaris ini. Dalam pernyataannya melalui memo kepada para penggemar game ini, EA hanya mengucapkan salam perpisahan.

“Kami telah melakukan perjalanan luar biasa dengan kalian sejauh ini. Sayangnya, tiba waktunya bagi kami mengucapkan selamat tinggal,” tulis EA.

Tetris “Mati” Karena Lisensi?

Sementara itu, sumber lain menyebutkan, dimatikannya game tersebutkemungkinan besar berkaitan dengan lisensi. Dulu, EA adalah pemegang lisensi eksklusif untuk game ini. Namun lisensi tersebut berakhir beberapa waktu lalu dan EA tidak tampaknya tidak ingin memperpanjangnya.

Game tersebut sendiri adalah game puzzle terbaik sepanjang waktu. Keputusan EA menghilangkan game tersebut dari Android dan iOS mungkin saja tak hanya mengecewakan para penggemarnya, tetapi juga memancing kemarahan fans garis kerasnya.

Sejarah Game asal Rusia

Perlu diketahui, tahun lalu, Tetris resmi berusia 35 tahun. Pertama kali diciptakan pada 1984, gim ini nyatanya masih terus bertahan hingga sekarang.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, gim ini diciptakan oleh pengembang software asal Rusia, Alexey Pajitnov.

Dilansir dari Liputan6, Tetris sendiri disebut terinspirasi dari gim papan (board game) bernama Pentominos, gim yang dibuat dari balok kayu dengan banyak bentuk. Pemain harus menyusun balok tersebut dan menjadi yang terakhir untuk menjadi pemenang.

Pajitnov sebenarnya tidak sendiri dalam menggarap game tersebut. Dia bersama dua temannya, Dmitry Pavlosky dan Vadim Gerasimov, berhasil merancang game pertama Rusia yang rilis di Barat, tepatnya pada 1986.

Meluasnya game tersebut juga tidak lepas dari sosok pengusaha asal Belanda bernama Henk Rogers. Setelah berhasil memperoleh paten Tetris untuk konsol gim portabel, dia pun bergerak cepat membawa Tetris versi portabel ke pasaran.

Hasilnya, konsol portabel Game Boy versi Tetris rilis pada 1989 dan terjual sebanyak 35 juta unit sepanjang tahun itu.

Tetris sendiri kini sudah hadir dalam banyak versi. Mulai dari versi Game Boy sebagai pelopor, hingga yang terbaru hadir di PlayStation VR termasuk Nintendo Switch.

Uniknya, dalam wawancara terbaru, Pajitnov mengaku bahwa dia ternyata tidak terlalu jago dalam memainkan game tersebut. Dia menyebutnya dirinya dapat dikatakan berada dalam taraf amatir yang andal.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.