Usung #INDONESIAJUARALAGI, Indonesia Cosplay Grand Prix 2020 Hadir Kembali

Pop Kultur 2 Jan 2020

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) merupakan ajang kompetisi cosplay tingkat nasional dimana pemenangnya akan mewakili Indonesia di ajang Word Cosplay Summit (WCS) di Jepang.

Seperti tahun-tahun sebelumnya ICGP kembali akan diadakan dengan penyisihan di 4 kota besar di Indonesia yaitu Yogyakarta (Maret 2020), Pekanbaru (Maret 2020), Malang (April 2020) dan Bandung (April 2020). Babak Penyisihan yang akan dimulai 3 bulan lagi tentunya diharapkan para cosplayer yang ingin mengikuti kompetisi bergengsi ini lebih baik dalam mempersiapkan penampilan mereka di babak penyisihan di kota yang mereka tuju. Kompetisi final akan diadakan di Jakarta bulan Juni.

Jadwal ICGP 2020

Kali ini, ICGP membawa slogan #INDONESIAJUARALAGI. Tiga kali meraih posisi runner-up dan 1 kali meraih posisi pertama dalam kompetisi WCS, membuat Indonesia menjadi negara yang patut diperhitungkan untuk kembali membawa pulang piala WCS ke tanah air. Kami percaya, di Indonesia cosplay bukan lagi hanya sekedar hobi, melainkan sudah menjadi salah satu bidang yang dapat memberikan prestasi yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Dengan semangat tersebut, kami berharap bahwa #INDONESIAJUARALAGI tidak hanya menjadi hashtag di media social atau hanya sekedar slogan belaka, tapi juga dapat menjadi motivasi untuk para cosplayer-cosplayer berbakat dalam meningkatkan kemampuan dan kreativitas mereka secara maksimal.

Seringnya diselenggarakan kompetisi cosplay di Indonesia dan banyaknya cosplayer berbakat yang lahir dari kompetisi-kompetisi tersebut membuat kami positif bahwa ICGP kali ini akan menarik untuk dinantikan. Tahun ini Pekanbaru menjadi kota baru untuk babak penyisihan di Sumatra. Dengan 4 kota yang terlibat, kami berharap babak penyisihan kali ini akan lebih terfokus pada kualitas dari para peserta.

SIAPKAN TIM KAMU UNTUK ICGP 2020 DAN JADILAH BAGIAN DARI #INDONESIAJUARALAGI DI WCS 2020 MENDATANG!

Refrensi :

www.clashcosplay.com

www.clashcosplay.com/indonesiacosplaygrandprix

TENTANG ICGP dan WCS

ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix) adalah sebuah kompetisi cosplay berbentuk performance yang dimulai sejak tahun 2012 dan terus diselenggarakan secara tahunan di Indonesia. Penyelenggaranya adalah CLAS:H sebuah event organizer untuk pop kultur Jepang dan khususnya cosplay.

ICGP merupakan kompetisi cosplay paling bergengsi di Indonesia, dan setiap tahun selalu dibidik oleh cosplayer dan costume maker dari berbagai daerah di Indonesia. Selain peraturan kompetisi yang sangat ketat berstandar dunia yang menjadikan setiap pesertanya mendapatkan pengalaman dan mengasah skill cosplay mereka, juara pertama ICGP juga akan menuju kompetisi dunia WCS (World Cosplay Summit) yang diadakan di Nagoya, Jepang sebagai perwakilan Indonesia untuk bersaing dengan perwakilan negara di seluruh dunia.

Aturan dasar kompetisi ICGP terdiri 2 cosplayer dalam sebuah tim. Mereka akan menampilkan sebuah performance atau pertunjukan duet dengan sebuah cerita tertentu sesuai dengan judul yang mereka bawakan. Peserta juga diharuskan untuk membuat kostumnya sendiri, dibuktikan dengan dokumentasi pembuatan kostum sebagai persyaratan keikutsertaan. Selain penilaian dalam kostum dan pertunjukan, peserta juga harus mempersiapkan sendiri properti pendukung, audio dan background video sebagai latar performance untuk mendukung keseluruhan pertunjukan.

Kompetisi ICGP memiliki 2 tahapan, yaitu kompetisi penyisihan ICGP yang diselenggarakan di daerah tertentu dan kompetisi final ICGP untuk memilih perwakilan Indonesia. Untuk kompetisi penyisihan ICGP, peserta akan melewati seleksi pertama yang dinilai dari dokumentasi pembuatan kostum, dan video contoh performance. Peserta yang lolos seleksi pertama akan maju ke kompetisi penyisihan ICGP di daerah bersangkutan. Pemenang dari kompetisi penyisihan ICGP akan maju ke kompetisi final yang biasanya diadakan di event Ennichisai, Jakarta.

Khusus untuk tahun 2020, Ennichisai ditiadakan sampai 2021, maka lomba final akan diselenggarakan di event tunggal CLAS:H di bulan Juni.

WCS (World Cosplay Summit) adalah ajang gathering dan kompetisi cosplay tingkat dunia yang dimulai sejak tahun 2003, diselenggarakan setiap tahun di musim panas bulan Agustus di Nagoya, Jepang. Lebih dari 40 negara yang akan berpartisipasi di tahun 2020, negara partisipan WCS selalu meningkat setiap tahun.

Di WCS, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling ditunggu aksinya karena setiap tahun, selalu ada kejutan dari performancenya baik diatas panggung maupun diluar panggung. Pencapaian terbaik Indonesia adalah juara Dunia tahun 2016, 4 tahun sejak keikutsertaannya, dan 3 besar selalu menjadi langganan Indonesia di antara negara-negara lainnya.

Berikut adalah raihan Indonesia sejak tahun 2012:

2012 : Juara 3
2014 : Juara 3
2016 : Juara 1
2018 : Juara 2

Refrensi : www.worldcosplaysummit.jp

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.