Wow, Google Translate Akan Bisa Bantu Terjemahkan Bahasa Isyarat

Teknologi Jan 30, 2020

Siapa sih yang tidak tahu Google Translate? Ya, layanan penerjemah gratis dari Google ini, merupakan sebuah layanan yang tidak dapat dilepaskan dari keseharian kita.

Hampir semua bahasa yang ada di belahan bumi ini bisa diterjemahkan melalui Google Translate dan bisa dilakukan dengan berbagai metode.

Baru-baru ini, Google telah mengembangkan sebuah sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI), yang dapat menerjemahkan bahasa isyarat melalui gestur. Dengan ini, pengguna bisa menerjemahkan bahasa isyarat tanpa perlu repot-repot, sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi. Proses penerjemahan ini nantinya akan menggunakan kamera sebagai media untuk mengidentifikasi gestur atau gerakan yang akan menjadi sebuah ucapan.

Dikutip dari Ubergizmo melalui Liputan6, Rabu (29/1) kemarin, Google mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengembangkan teknologi ini agar lebih kuat dan stabil, memperbanyak jumlah gestur dan gerakan yang bisa dideteksi dengan baik dan mendukung gerakan dinamis secara real-time.

“Kami percaya bahwa mempublikasikan teknologi ini dapat memberikan dorongan untuk ide-ide kreatif yang baru oleh komunitas peneliti dan pengembang.” Google menambahkan.

Teknologi ini memang belum sempurna, di mana masih hanya bisa menangkap sebagian dari percakapan. Sedangkan, seperti ekspresi wajah serta kecepatan penandatanganan bisa saja tidak terjemahkan dengan baik. Kami berharap teknologi seperti ini akan terus dikembangkan, sehingga pengguna yang normal bisa berkomunikasi dengan penyandang disabilitas yang hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa isyarat.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.