Kreator "Kode Konami", Kazuhisa Hashimoto Meninggal Dunia

Gaming Feb 27, 2020

Kabar duka untuk para gamer retro dan klasik. Anggota Konami Kukeiha Club dan komposer musik game Yuji Takenouchi, atau TECHNOuchi, mengungkapkan di Twitter pada hari Rabu (26/2) kemarin bahwa Kazuhisa Hashimoto, pencipta Kode ikonik “Kode Konami”, meninggal pada hari Selasa (25/2) di usia ke-61 tahun.

Dilansir dari Anime News Network dan Crunchyroll, Kamis (27/2), Konami kemudian mengkonfirmasi kematian Kazuhisa via Twitter.

Kazuhisa Hashimoto terkenal karena menciptakan cheat yang dikenal sebagai “Kode Konami” untuk power up. Kode Cheat yang dituliskan Up, Up, Down, Down, Left, Right, Left, Right, B, A, Start itu ia ciptakan ketika memproduseri game Gradius versi NES di tahun 1986.

“Kode Konami” itu digunakan karena ia merasa kesulitan saat memainkan Gradius. Hal ini ia ungkapkan dalam sebuah wawancara di tahun 2003, sebagaimana dilansir dari Siliconera. Cheat tersebut ia buat untuk mempermudah dalam mengingat kode saat berusaha mengalahkan musuh dan boss.

Nantinya, Kode Konami ini dimasukkan ke dalam game macam Contra, Castlevania, Dance Dance Revolution, dan seri Metal Gear. Kode tersebut memiliki efek berbeda di setiap game.

Tim MedForSquad mengucapkan turut berduka cita dan berbelasungkawa atas meninggalnya Kazuhisa Hashimoto.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.