Larry Tesler, Penemu Cut, Copy dan Paste Wafat

Teknologi 20 Feb 2020

Kabar duka cita datang dari dunia teknologi. Seorang computer scientist sekaligus penemu dari cut, copy, paste, Larry Tesler meninggal dunia pada Senin (17/2) kemarin di usia ke-74 tahun.

Dilansir dari Gizmodo, Kamis (20/2), mendiang Larry Tesler mungkin bukan nama setenar Steve Jobs atau Bill Gates, tetapi kontribusinya dalam membuat komputer dan perangkat seluler lebih mudah digunakan adalah sorotan dari karir panjang yang mempengaruhi komputasi modern.

Awal mula perjalanan karir

Dilahirkan pada tahun 1945 di New York, Tesler melanjutkan untuk belajar bidang ilmu komputer di Universitas Stanford. Setelah lulus, dia berkecimpung dalam penelitian kecerdasan buatan, dan menjadi terlibat dalam monopoli anti-perang dan anti-perusahaan gerakan, dengan perusahaan seperti IBM sebagai salah satu target yang layak.

Pada tahun 1973, Tesler mengambil pekerjaan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di mana ia bekerja hingga 1980. Xerox PARC terkenal karena mengembangkan antarmuka pengguna grafis berbasis mouse yang sekarang banyak dianggap remeh.

Selama bekerja di lab, Tesler bersama dengan Tim Mott untuk membuat pengolah kata yang disebut Gypsy yang terkenal karena menciptakan istilah “cut,” “copy,” dan “paste” ketika datang ke perintah untuk menghapus, menduplikasi, atau memposisikan potongan teks. Perintah tersebut sekarang terkenal dan dipakai hingga saat ini.

Sayangnya, Xerox PARC juga terkenal karena tidak memanfaatkan penelitian inovatif yang dilakukan dalam hal komputasi personal, sehingga pada 1980 Tesler beralih ke Apple Computer di mana ia bekerja hingga 1997.

Selama bertahun-tahun, ia memegang posisi yang tak terhitung jumlahnya di perusahaan termasuk, Wakil Presiden AppleNet (Sistem jaringan area lokal Apple yang akhirnya dibatalkan), dan bahkan menjabat sebagai Kepala Ilmuwan Apple, suatu posisi yang pernah dipegang Steve Wozniak, sebelum akhirnya meninggalkan perusahaan.

Selain kontribusinya pada beberapa perangkat keras Apple yang paling terkenal, Tesler juga dikenal karena upayanya untuk membuat perangkat lunak dan antarmuka pengguna lebih mudah diakses.

Selain terminologi “cut,” “copy,” dan “paste” yang ada di mana-mana, Tesler juga menganjurkan pendekatan untuk desain UI yang dikenal sebagai komputasi modeless, yang tercermin di situs pribadinya.

Intinya, pendekatan ini memastikan bahwa tindakan pengguna tetap konsisten di berbagai fungsi dan aplikasi sistem operasi. Ketika mereka membuka pengolah kata, misalnya, pengguna sekarang secara otomatis mengasumsikan bahwa menekan salah satu tombol alfa numerik pada keyboard mereka akan menghasilkan karakter yang muncul di layar pada titik penyisipan kursor.

Tetapi, ada saat ketika pengolah kata dapat beralih antara beberapa mode di mana mengetik pada keyboard akan menambahkan karakter ke dokumen atau secara bergantian memungkinkan perintah fungsional dimasukkan.

Setelah meninggalkan Apple pada tahun 1997, Tesler mendirikan sebuah perusahaan bernama Stagecast Software yang mengembangkan aplikasi yang membuatnya lebih mudah dan lebih mudah diakses oleh anak-anak untuk mempelajari konsep pemrograman.

Pada tahun 2001, ia bergabung dengan Amazon dan akhirnya menjadi Wakil Presiden Shopping Experience di sana, hingga pada tahun 2005 ia beralih ke Yahoo di mana ia mengepalai pengalaman pengguna dan kelompok desain perusahaan itu.

Kemudian pada 2008, ia menjadi rekan produk di 23andMe. Menurut CV-nya, Tesler meninggalkan 23andMe pada 2009 dan sejak saat itu sebagian besar fokus pada pekerjaan konsultasi.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.