Meme Jadi Nyata, Bayar SPP Kini Bisa Dilakukan Via GoBills

Teknologi 17 Feb 2020

Masih lekat di ingatan tentang pernyataan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang juga eks pendiri sekaligus CEO GoJek. Banyak warganet yang kemudian mengapresiasi langkah tersebut, dengan membuat sejumlah meme. Salah satunya adalah meme tentang membayar uang SPP dengan GoPay.

Namun agaknya meme tersebut telah terwujud. GoJek melalui situs blog resminya, Minggu (16/2) kemarin telah mengumumkan bahwa pihaknya telah membuka pembayaran uang SPP untuk sejumlah lembaga pendidikan, mulai dari SD, SMP, hingga Sekolah Tinggi dan akademi melalui GoBills.

Tak hanya SPP, pihak Gojek mengungkapkan bahwa pengguna juga bisa menggunakan GoBills untuk membayar uang seragam, uang buku, hingga ekstrakurikuler.

Sebagai awal, total ada lebih dari 90 lembaga pendidikan yang berpatisipasi dalam GoBills. Beberapa yang telah diketahui adalah LP3i, BKB Nurul Fikri, IPMI International Business Schools, SMA Dharma Putra Advent, SMP Madani, SD dan TK Islam Aulia, hingga AL Azhar – Bahasa Arab.

Jumlah ini masih bisa bertambah mengingat GoJek juga membuka pendaftaran bagi lembaga pendidikan yang ingin “bermitra” dengan mereka.

Ingin tahu bagaimana cara membayarnya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik ‘Lainnya’ di aplikasi Gojek dan pilih GoBills
  • Pilih layanan ‘Sekolah’
  • Pilih lembaga pendidikan yang sesuai
  • Masukkan nomor ID pelajar
  • Klik ‘Bayar’ kemudian masukkan PIN GoPay
  • Bukti transaksi bisa ditemukan di bagian bawa layar dan akan dikirimkan pada e-mail pengguna

Sedangkan bagi lembaga pendidikan yang ingin bermitra dengan GoJek, berikut dua langkah pendaftarannya:

  1. Hubungi Merchant Care GoPay melalui email ke [email protected] dengan Subjek – Pendaftaran Biller Pendidikan [Nama Lembaga Pendidikan];
  2. Akan dikonfirmasi 1×24 jam untuk info lebih lanjut.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.