Petisi Dukungan Bagi Karakter Chika Takami Untuk Jadi "Duta Jeruk" Sentuh 17.000 Tanda Tangan

Pop Kultur Feb 22, 2020

Baru-baru ini, warganet diramaikan berita seputar pencopotan panel karakter Love Live! Sunshine! yaitu Chika Takami pada sebuah pusat perbelanjaan LaLaport Numazu.

Dilansir dari situs Anime News Network, Sabtu (22/2), hal ini dilakukan karena pada panel tersebut menunjukkan sesuatu yang tidak pantas. Berdasarkan postingan dari Twitter, banyak netizen mengecam dan mengkritik foto sang seiyuu Inami Anju berdiri bersanding dengan panel tersebut. Lalaport bahkan sampai mencabut panel itu, dan meminta maaf atas ketidak nyamanan yang ditimbulkan dari panel itu.

Karena hal tersebut, para fans merasa kecewa dan tidak setuju akan hal ini. Seorang fans dengan akun “Shoto To” kemudian membuat sebuah petisi pada situs change.org untuk mendukung karakter dan kampanye iklan tersebut.

“Selalu ada sesuatu yang menurut orang tidak menyenangkan secara sosial, dan mereka memiliki kebebasan untuk menyatakan bahwa hal itu membuat mereka merasa tidak nyaman. Tetapi, bukankah salah untuk mencoba menggunakan kemampuan itu untuk menghilangkannya?,” ungkap sang penulis dalam isi petisi itu.

“Jika hal itu adalah sesuatu di mana dapat membuat tidak dapat berbicara, mengancam hidup Anda atau kehidupan orang lain, maka Anda harus segera mengangkat suara. Tetapi, ini adalah kasus di mana ‘ilustrasinya tidak sesuai’ dan itu tidak membahayakan kehidupan atau mata pencaharian seseorang sehingga seharusnya tidak mendorong untuk menghapusnya secara berlebihan?,” lanjut sang penulis petisi sembari mengungkapkan bahwa berkomentar di internet untuk mengekspresikan ketidaksenangan adalah satu hal wajar, tetapi jika terlalu jauh maka ini menjadi masalah.

Petisi juga menyatakan kekecewaannya kepada JA Nansun, sebuah koperasi pertanian yang berbasis di Numazu, yang membuat keputusan untuk menghapus pameran karena pusat perbelanjaan LaLaport Numazu dibanjiri dengan keluhan.

Lebih mengejutkannya lagi, petisi ini sukses besar dan telah ditandatangani sebanyak 17.000 fans. Akan tetapi, pencopotan poster ini tidak berpengaruh terhadap proses penjualan jeruk tersebut.

Masih ada stok Jeruk

Meski panel itu sudah dicabut, akan tetapi baik fans ataupun pembeli masih dapat memesan sekotak jeruk 5kg Nishiura dengan warna oranye khas Chika Takami sekaligus paper craft serta sebuah Kinkan kumquats (yang juga dibranding dengan packing Chika).

Beberapa produk hasil bumi branding Chika (sumber: Otakomu)

Sebagai tambahan, paper craft Chika Takami yang terdapat beberapa hasil bumi daerah itu serta limun, dikabarkan telah terjual habis.

Kontroversi ini sendiri bukan kali pertama terjadi, karena saat kampanye Uzaki-chan Wants to Hang Out juga mengalami hal serupa sebelumnya. Netizen banyak mengecam hal ini karena desain karakter yang dirasa terlalu eksplisit untuk khalayak umum.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.