Seiyuu Veteran dari Anime Astro Boy, Hisashi Katsuta Wafat

Pop Kultur Feb 23, 2020

Kabar duka kembali datang dari dunia entertainment Jepang. Salah satu seiyuu veteran, Hisashi Katsuta meninggal dunia.

Dilansir dari Anime News Network, Minggu (23/2), surat kabar Asahi Shimbun telah melaporkan pada hari Sabtu (22/2) kemarin bahwa seiyuu Hisashi Katsuta menghembuskan napas terakhirnya pada hari Jumat (21/2) dalam usia ke-92 tahun. Adapun penyebab kematiannya diakibatkan karena Senility (Demensia).

Profil singkat

Katsuta sendiri dikenal karena mengisi suara karakter Dr. Ochanomizu dalam serial anime Astro Boy. Beliau menjadi seiyuu franchise tersebut dalam berbagai versi, yakni dalam anime versi 1980 dan 2003, serta di Astro Boy : Hero of Space, Astro Boy : Shinsen-gumi, dan Tezuka Osamu ga Kieta. Beliau juga berperan sebagai Louis XV dalam The Rose of Versailles, Professor Izumi dalam Tosho Daimos, Dr. Hoshi dalam Astroganger, dan Professor Hideki Tobijima dalam Groizer X.

Katsuta juga menyuarakan beberapa peran kecil dalam anime seperti Seiki Saigo no Kaijiken, Sasuke, Oishinbo, Megazone 23, Dororo, Musashi no Ken, dan yang lainnya. Selain mengisi suara karakter anime, ia juga bekerja sebagai narrator iklan.

Katsuta bersama dengan Mari Shimizu dan Yoko Mizugaki pernah menerima Synergy Award pada Seiyuu Awards ke-3 pada tahun 2009.

Dengan karir yang panjang seperti Katsuta, kehilangan ini tentu akan dirasakan oleh beberapa orang yang tidak hanya merasakan dampak dari penampilannya tetapi mengenalnya sepanjang kehidupan pribadinya hingga dunia seiyuu. Tim MedForSquad mengirimkan belasungkawa kepada keluarga Katsuta dan orang-orang terkasih saat ini.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.