Universitas Tokai Gunakan Kutipan Novel Haruhi Suzumiya Dalam Soal Tes Ujian Masuk

Pop Kultur Feb 17, 2020

Satu dekade yang lalu, The Melancholy of Haruhi Suzumiya menjadi anime yang terkenal sekaligus ikonik, baik di fandom barat ataupun Jepang. Anime TV ini membantu mempopulerkan kembali media anime di barat dan membawa banyak penggemar baru yang telah tinggal di fandom selama lebih dari 12 tahun.

Serial anime dan novel ringan Haruhi Suzumiya mungkin sudah berakhir, tetapi masih cukup populer, sehingga muncul dalam ujian akademik yang sebenarnya.

Dikutip dari Crunchyroll dan SoJapan, Senin (17/2), Seorang warganet yang juga peserta ujian di Jepang dengan akun Twitter @Miya__Isla mengungkapkan di Twitter sebuah halaman dari kertas ujian masuk untuk Universitas Tokai, salah satu perguruan tinggi ternama di Kanto.

Halaman ini cukup aneh, karena menampilkan kutipan dari novel ringan karya Nagaru Tanigawa yang debut tahun 2003 silam dan telah sejumlah memenangkan penghargaan tersebut.

Universitas Tokai menggunakan kutipan dari bab 7 novel ringan The Melancholy of Haruhi Suzumiya sebagai bagian dari ujian masuk sekolah, sekaligus menjadi bagian pemahaman bahasa Jepang.

Setelah membaca kutipan di atas, siswa kemudian harus menjawab pertanyaan pemahaman berdasarkan apa yang mereka baca. Meskipun tidak diketahui dari cuitan di atas apa ujian yang diambil siswa, ketika mereka mengambilnya, atau jika mereka bahkan seorang siswa, ujian masuk terakhir untuk universitas adalah pada tanggal 2 Februari 2020, dengan surat penerimaan dikeluarkan pada 14 Februari lalu.

Seri novel ringan Haruhi Suzumiya diluncurkan pada tahun 2003, sebelum mendapatkan adaptasi anime TV yang sangat sukses. Seri ini juga menginspirasi beberapa manga, serta film anime The Disappearance of Haruhi Suzumiya.

Kisah Anime-nya mengikuti seorang pria bernama Kyon, yang bertemu dengan seorang gadis cantik tapi aneh bernama Haruhi yang hanya tertarik pada hal-hal aneh, seperti esper, alien, dan penjelajah waktu. Dan ternyata, Haruhi adalah dewa, meskipun dia belum mengetahuinya. Alien, esper, dan penjelajah waktu telah dikirim untuk mengawasinya.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.