Menu Tutup

Aplikasi AnTuTu Benchmark ‘Lenyap’ dari Google Play, Ada Apa?

Aplikasi benchmarking terpopuler, AnTuTu Benchmark mendadak menghilang dari Google Play Store.

Kami telah melakukan pengecekan langsung dengan mencarinya di Google Play dan benar-benar tidak menemukan aplikasi ini beserta developer yang membuatnya.

Aplikasi AnTuTu Benchmark menghilang dari Google Play Store.
Aplikasi AnTuTu menghilang dari Google Play

Semua aplikasi milik AnTuTu yakni AnTuTu 3DBench, AnTuTu Benchmark, dan AITutu Benchmark (for AI features) lenyap dari Play Store sepenuhnya, namun masih dapat dijumpai di Apple App Store.

Aplikasi yang biasa digunakan untuk mengukur performa ponsel ini sudah lama menjadi rujukan banyak orang untuk mengukur nilai kekuatan sebuah ponsel. Tak jarang, aplikasi ini memberi bocoran tentang perangkat yang akan hadir dalam database miliknya.

Banyak pihak yang berspekulasi penghapusan ini disebabkan oleh pemilik dari AnTuTu Mobile, Cheetah Mobile.

Google Play sudah lama melarang aplikasi dari Cheetah Mobile – perusahaan asal Tiongkok ini, karena masalah pelanggaran privasi pengguna.

BACA JUGA :  Microsoft Dikabarkan Pecat Jurnalis untuk Digantikan dengan Robot

Ketika dicoba dikonfirmasi melalui surel oleh GSMArena dari berbagai pihak AnTuTu – termasuk CEO AnTuTu sendiri, Zhao Chen, membantah spekulasi ini.

Menurut balasan surel tersebut, AnTuTu Mobile diklaim lebih tua usianya daripada Cheetah Mobile dan perusahaan kontroversial tersebut hanya menjadi shareholder sejak 2014. Pihak AnTuTu juga menyebutkan bahwa Cheetah Mobile sama sekali tidak memegang kendali atas akun developer Google Play milik AnTuTu.

CEO Zhao Chen mengungkapkan bahwa ini adalah salah paham karena tautan kebijakan privasi yang ada di laman aplikasi mereka mengarah ke situs Cheetah Mobile.

Meskipun chairman Cheetah Mobile juga merupakan anggota direksi di AnTuTu, ia sama sekali tidak memegang kendali di perusahaan aplikasi benchmarking ini. Pihak mereka masih berkomunikasi dengan Google untuk segera menyelesaikan masalah ini.

BACA JUGA :  [Review] Ubuntu Kylin 20.04: Windows 10 Rasa Ubuntu

Jika masih ingin menggunakan aplikasi benchmarking yang satu ini, pengguna masih dapat mengunduhnya langsung melalui situs resminya. Sewaktu menekan tombol “Dapatkan di Google Play”, justru file APK dari AnTuTu Benchmark akan terunduh. Aplikasi ini sama seperti yang dahulu tersedia melalui Google Play.

Kembali ke Atas

BACA JUGA...

×