Cegah Penyebaran Virus Corona, Transjakarta Hanya Operasikan 13 Rute

Media 16 Mar 2020

PT. Transportasi Jakarta mulai kemarin malam (15/3) memberhentikan layanan AMARI (Angkutan Malam Hari) dan memberlakukan pola operasi khusus mulai besok hingga 14 hari kedepan.

Mulai tanggal 16 hingga 30 Maret 2020 layanan Transjakarta hanya beroperasi di 13 rute dengan headway 20 menit dengan waktu operasional mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Ini berarti seluruh layanan non koridor (Non BRT), Royaltrans dan Mikrotrans ditiadakan.

Langkah ini diambil menindaklanjuti instruksi Gubernur DKI, Anies Rasyid Baswedan yang diumumkan kemarin pukul 17.00 WIB perihal pembatasan layanan angkutan umum di DKI Jakarta secara ekstrem untuk mengurangi potensi penularan COVID-19.

Penetapan pengurangan interaksi fisik diterapkan di halte dan bus Transjakarta yang melintas di 13 koridor. Hal ini dilakukan dengan memberikan jarak antar individu sejauh satu hingga dua meter dalam ruang publik transportasi seperti di halte dan di dalam bus.

Untuk di halte, Transjakarta akan memberikan marka dimana pelanggan harus berdiri dengan jarak yang sudah diatur. Untuk di Bus, pelanggan akan dilakukan pengaturan jarak duduk sehingga meminimalisasi interaksi fisik  antar pelanggan.

Petugas halte dan petugas keamanan akan membantu pengaturan duduk di dalam bus dan diharapkan pelanggan dapat ikut seperti arahan yang ditentukan untuk kesehatan dan kenyamanan pelanggan.

Transjakarta juga akan menerapkan pembatasan jumlah pelanggan pada halte dan mengharapkan kesabaran pelanggan untuk ikut dalam tata tertib yang telah diberlakukan.

Lebih jauh, Transjakarta melipatgandakan sanitasi halte dan bus dengan melakukan pencucian bus dan interiornya lebih sering, melakukan pembersihan seluruh interior halte dengan interval yang lebih sering juga pemasangan seluruh hand sanitizer di bus dan memastikan ketersediaan isi ulangnya di halte dan bus.

Untuk sementara, Transjakarta juga mengubah pola pengurusan kartu gratis. Pengurusan secara langsung ke kantor diistirahatkan terlebih dahulu. Pelanggan Transjakarta disarankan untuk melakukan pengurusan melalui sistem online layanan pelanggan 1500-102 atau e-mail [email protected]

Berikut adalah nomor bus, tujuan dan rute yang beroperasi mulai tanggal 16 hingga 30 maret 2020 :

1. BLOK M – KOTA
2. PULO GADUNG 1 – HARMONI
3. KALIDERES – PASAR BARU
4. PULO GADUNG 2 – TOSARI
5. KAMPUNG MELAYU – ANCOL
6. RAGUNAN – HALIMUN
7. KAMPUNG RAMBUTAN – KAMPUNG MELAYU
8. LEBAK BULUS – HARMONI
9. PINANG RANTI – PLUIT
10. PGC 2 – TANJUNG PRIOK
11. KAMPUNG MELAYU – PULO GEBANG
12. PENJARINGAN – SUNTER BOULEVARD BARAT
13. 13A PURI BETA – BLOK M

Tetap pantau media sosial resmi Transjakarta di Twitter @PT_Transjakarta dan Instagram @pt_transjakarta untuk mendapatkan informasi layanan terkini.

Info lebih lanjut
Nadia Diposanjoyo
Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta
Email : [email protected]
Telp : 021-80879449

Artikel ini merupakan rilis pers dari PT. Transportasi Jakarta.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.