Comiket 98 Terancam Batal Karena Pandemi Virus Corona

Pop Kultur Mar 17, 2020

Komite penyelenggara dari Comiket 98 mengumumkan pada hari Minggu (16/3) bahwa ada kemungkinan konvensi doujinshi musim panas Comiket 98 akan ditunda atau bahkan dibatalkan sama sekali sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Virus Corona COVID-19.

Hingga hari Minggu (15/3) lalu, panitia masih melakukan persiapan untuk mengadakan acara tersebut, namun komite akan mengumumkan perubahan apapun pada konvensi melalui situs web acara dan media sosial.

Sebuah komentar dari penyelenggara bertuliskan sebagai berikut.

…karena kekhawatiran tentang wabah COVID-19, dan permintaan pemerintah untuk menahan diri dari mengadakan acara berskala besar yang dikeluarkan pada tanggal 26 Februari dan 10 Maret, dan permintaan atau perintah serupa lainnya yang mungkin dikeluarkan, ada kemungkinan bahwa Comiket 98 dapat dibatalkan, ditunda, atau ditahan secara tidak teratur…

Dilansir dari Anime News Network, Selasa (17/3), panitia berencana untuk mengadakan acara di Tokyo Big Sight dari tanggal 2 hingga 5 Mei. Panitia telah menjadwalkan ulang acara 3 bulan lebih awal demi mengakomodasi pelaksanaan Olimpiade Musim Panas 2020.

Sementara itu, mangaka Yuru Yuri, Namori melalui akun Twitternya pada Rabu (11/3) lalu bahwa ia tidak akan menghadiri Comiket karena kekhawatirannya akan wabah Virus Corona.

Perdana Menteri Jepang, Shinzou Abe menyatakan pada 27 Februari bahwa pemerintah meminta seluruh sekolah di negara itu diliburkan hingga akhir musim semi pada awal April menyusul wabah Virus Corona yang mulai menyebar di negara itu. Pemerintah setempat juga menghimbau masyarakat untuk tinggal di rumah dan menghindari kerumunan orang, serta menutup beberapa tempat wisata dan membatalkan acara-acara besar.

Wabah Virus Corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok pada bulan Desember tahun lalu telah menyebar ke berbagai negara di dunia. WHO menyatakan pada hari Minggu (15/3) bahwa 153.517 orang terinfeksi di seluruh dunia dan 5.735 orang meninggal dunia. Di Indonesia sendiri, pemerintah telah menyatakan ada 134 orang terjangkit Virus Corona dan 5 orang meninggal dunia, terhitung sejak siang ini.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.