Daihatsu Manfaatkan JoJo Reference Pada Iklan Produk Barunya

Pop Kultur Mar 20, 2020

Tepat pada hari ini, Kamis (19/3), Daihatsu resmi meluncurkan dua produk terbarunya, yaitu Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion yang telah disempurnakan.

Tapi, MedForSquad tidak membahas soal produknya, namun bakal mengulas apa yang membuat MedForSquad tertarik untuk membahas ini.

Ya, MedForSquad sedikit mengungkap video iklan dari Daihatsu berdurasi 85 detik, yang justru menarik perhatian warganet.

Pada dasarnya, kedua produk itu menyasar segmen anak muda yang ingin mempunyai sebuah kendaraan yang pas dengan segmentasi pasarnya. Daihatsu pun tahu bagaimana selera anak muda Indonesia saat ini, sehingga Daihatsu mengemas iklan dari kedua produk ini dengan nuansa pop kultur.

Terlebih jika MedForians jeli, pasti ada satu hal yang bakal membuat jiwa jejepangan MedForians meronta-ronta.

Di video iklan Ayla dan Sirion ini, Daihatsu berhasil memikat anak muda (termasuk otaku, wibu, dan penggemar cosplay) dengan memanfaatkan JoJo reference dari anime Jojo Bizzarre Adventure. Video tersebut telah dilihat lebih dari 1500 kali hingga artikel ini diangkat.

Dengan menampilkan dua orang yang berkostum layaknya dua karakter di serial animasi JoJo Bizzare Adventure, salah satunya Giorno Giovanna. Bahkan, dalam grafis iklannya pun kental dengan nuansa khas JoJo.

Selain itu, ada juga tiga teaser visual iklan yang diunggah di akun Instagram resminya, @daihatsuind. Postingan pertama meraih 225 likes dengan 10 komentar, sementara postingan kedua meraih 177 likes dengan 20 komentar dan postingan ketiga meraih 145 likes dengan 10 komentar.

Kendati demikian, kolom komentar dari ketiga postingan teaser tersebut diisi oleh komentar warganet yang merasa terpanggil akan keberadaan JoJo reference dalam teaser tersebut.

Kedua karakter itu juga kembali ditampilkan pada perilisan Ayla dan Sirion versi baru dengan tagar #BERANISERIUS.

Bahkan pada saat peluncurannya pun, Daihatsu bukan hanya menampilkan dua karakter JoJo dalam iklan dari kedua produk tersebut. Beberapa referensi karakter anime pun juga turut ditampilkan dalam iklan tersebut.

Salah satunya dari Sailor Moon. Bahkan, ada scene dimana beberapa orang dalam iklan tersebut melakukan Naruto Run.

Sebelum Daihatsu menerapkan konsep iklan dengan JoJo Reference, beberapa brand lain juga menerapkan konsep JoJo Reference pada iklannya. Semisal di iklan XL Home yang sempat viral di linimasa Facebook di akhir tahun 2019 lalu.

Bagaimana pendapat MedForians terhadap konsep iklan yang digunakan di iklan Daihatsu Ayla dan Sirion tahun 2020 ini? Silahkan komentar di bawah ya!

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.