Efek Virus Corona, Siswa Jepang Adakan Upacara Kelulusan di Minecraft

Gaming Mar 17, 2020

Wabah Virus Corona (COVID-19) yang sedang melanda berbagai negara termasuk Jepang memaksa pemerintah untuk melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan epidemi. Pemerintah Jepang sendiri telah memutuskan untuk menutup seluruh sekolah di seantero negeri hingga selesai liburan musim semi.

Oleh karena tahun ajaran di Jepang berakhir pada bulan Maret dan kembali dimulai pada bulan April, seluruh sekolah terpaksa tidak melaksanakan upacara kelulusan para siswanya, baik itu jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Menengah Atas. Tentunya, hal ini menimbulkan kesedihan bagi para siswa yang tidak bisa wisuda pada tahun ini.

Tetapi beberapa sekolah di Jepang ternyata melakukan hal yang cukup kreatif. Alih-alih membatalkan atau mengundur upacara kelulusan, sekolah-sekolah ini tetap melaksanakan upacara kelulusan bagi para siswanya, bukan di dunia nyata melainkan di dunia virtual Minecraft.

Dilansir dari Sora News 24, Senin (16/3), salah satu postingan Twitter dari akun @backyennew menunjukkan sebuah upacara kelulusan siswa secara virtual di Minecraft. Tetapi hal itu bukanlah sesuatu acara yang diadakan oleh para guru, melainkan atas inisiatif para siswa itu sendiri.

Para netizen Jepang pun merespon baik inisiatif yang kreatif dari para siswa sekolah ini.

Wabah Virus Corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok ini diketahui telah menjangkiti berbagai negara di dunia. Di Indonesia sendiri tercatat ada sekitar 134 orang yang positif terjangkit virus dan 5 orang meninggal dunia.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.