Di Masa Depan, Kendaraan Pun Bisa Dihidupkan Dengan E-KTP dan SIM!

Teknologi Mar 03, 2020

Mungkin di antara MedForians tak pernah berpikir kalau suatu saat, kalian bisa menghidupkan kendaraan dengan E-KTP ataupun SIM. Tetapi, salah satu bengkel modifikasi yang bernama Garasi 607 ini berhasil menciptakan suatu inovasi menarik, yaitu membuat sebuah modul yang memungkinkan kendaraan bisa dihidupkan hanya dengan E-KTP dan SIM.

Dedi Hendra Tarigan, seorang modifikator asal Medan, Sumatera Utara ini membuat sistem canggih ini dengan memanfaatkan chip yang tertanam di E-KTP dan SIM yang baru.

Prinsipnya, SIM atau E-KTP yang terdaftar di dalam sebuah modul berbasis Adruino ini akan menghidupkan kendaraan hanya dengan menempelkan E-KTP atau SIM ke sensor yang terhubung ke modul tersebut. Nantinya, modul itu bisa ditempelkan di semua kendaraan, termasuk mobil dan juga motor.

Sebagai permulaan, mereka akan mencoba menerapkan idenya di dalam salah satu project modifikasinya, yaitu memodifikasi Holden Belmont tahun 1976. Dan setelah project ini selesai, rencananya mereka akan memasang modul serupa di sepeda motor.

Sebelum Garasi 607 menciptakan inovasi ini, mereka sempat membuat sebuah Kijang Innova tercanggih dengan berbagai teknologi canggih didalamnya, salah satu fungsinya adalah dapat mengoperasikan fitur-fitur yang ada dengan satu sentuhan di smartphone. Tak heran, hasil modifikasi tersebut membuat bengkel modifikasi tersebut menyabet gelar juara dalam kontes modifikasi yang diselenggarakan di Medan, Agustus tahun lalu.

Bagaimana MedForians? Tertarik untuk mencobanya?

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.