Diundur Karena Pandemi Virus Corona, Olimpiade Tokyo Mulai Dibuka Juli 2021

Pop Kultur Mar 31, 2020

Seperti penundaan acara-acara karena dampak Virus Corona (Covid-19) ini, event olahraga bergengsi seperti Olimpiade pun juga tidak terkecuali akhirnya tertunda hingga beberapa bulan atau satu tahun mendatang.

Dilansir dari NHK melalui Anime News Network pada hari Senin (30/3) kemarin, Pemerintah Tokyo mengumumkan bahwa Olimpiade Tokyo akhirnya diadakan mulai tanggal 23 Juli hingga 8 Agustus di tahun depan. Menyusul juga kompetisi olahraga disabilitas Paralimpiade yang diadakan mulai tanggal 24 Agustus hingga 5 September di tahun yang sama.

Olimpiade Tokyo sejatinya direncanakan bakal dimulai pada tanggal 24 Juli hingga 9 Agustus di tahun ini, serta Paralympic yang dimulai 25 Agustus hingga 6 September di tahun yang sama.

Namun akibat dari pandemi virus Corona (Covid-19) yang terjadi belakangan ini dan telah mengancam banyak negara termasuk Jepang, Komite Olympic Internasional (IOC) dengan perwakilan Thomas Bach selaku ketua komite beserta Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memutuskan untuk menunda sementara event Olimpiade tersebut.

Setelah dilakukan pertimbangan dan penjadwalan ulang, akhirnya kedua pihak setuju untuk mengundur tanggal Opening dari kedua event olahraga bergengsi tersebut. Hal itu dikonfirmasi langsung saat kedua pihak diwawancarai pada Selasa (31/3) hari ini.

Alasan lain di balik mundurnya Olimpiade Tokyo

Panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade ingin mempertahankan jadwal acara sebisa mungkin. Dikutip dari NHK, sebagian alasan karena banyak tiket yang telah terjual.

Pihak-pihak yang terlibat mempertimbangkan rencana untuk mengadakan Olimpiade di musim semi tahun ini untuk menghindari panasnya musim panas Tokyo. Tetapi mereka meninggalkan rencana seperti itu karena saat ini tidak ada kepastian karena pandemi virus corona.

Jika Olimpiade dibuka pada Juni atau awal hingga pertengahan Juli, jadwal tersebut mungkin bertepatan dengan pemilihan majelis Tokyo, karena masa jabatan anggota majelis yang sekarang berakhir pada 22 Juli.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.