Ini 10 Rekomendasi Anime Lawas Biar Tak Bosan #DiRumahAja! (Part 1)

Pop Kultur Mar 24, 2020

Virus Corona telah menjadi pandemi global. Di Indonesia, virus tersebut telah menyerang di sejumlah kota besar dan provinsi, serta menyebabkan lebih dari 500 kasus, dengan total korban jiwa mencapai puluhan orang.

Meski pemerintah telah menghimbau aturan Physical Distancing, banyak warganet di media sosial mulai merasa resah dan berusaha membantu dengan meminimalkan kunjungan ke luar ataupun menyerukan tagar #Dirumahaja.

Nah, untuk MedForians yang butuh hiburan biar tak bosan di rumah, MedForSquad kasih 10 rekomendasi anime lawas yang bakal cocok untuk kalian tonton. Berikut daftar rekomendasinya:

1. Great Teacher Onizuka

Secara singkat, kisah anime ini berpusat pada Onizuka, mantan berandalan yang kini mengajar di sekolah elit. Meski sekolah elit, tapi dia harus mendidik murid-muridnya yang jenius dan berusaha untuk menyingkirkan dirinya.

Banyak nilai-nilai positif yang bisa diambil dari kisah Onizuka. Tak hanya itu, anime ini juga membuka keburukan yang terjadi di bidang pendidikan. 

2. Gundam Seed dan Gundam Seed Destiny

Bagi para pecinta Gundam tapi tak suka dengan hal berbau politik, sepertinya cocok untuk menonton seri Gundam Seed dan Gundam Seed Destiny. Selain menyuguhkan pertarungan tak biasa antara Kira Yamato dan Athrun Zala, anime ini juga sangat menyuguhkan drama percintaan yang rumit (dan juga NTR).

Gundam Seed sendiri debut perdana Oktober 2002 dengan 50 episode, kemudian dilanjutkan dengan Gundam Seed Destiny di tahun 2004.

3. Fullmetal Alchemist Brotherhood

Salah satu seri yang sampai saat ini disukai oleh para otaku di dunia adalah Fullmetal Alchemist Brotherhood. Masih menjadi anime rating tertinggi di My Anime List, kisah ahli alkimia bernama Edward dan Alphonse Elric penuh dengan petualangan dan misteri yang bisa saja membunuh mereka setiap saat.

Bagi yang belum sempat menonton seri ini, MedForians bisa menikmatinya secara resmi di Netflix.

4. Gintama

Kisah Gintoki dan kedua anggota Yorozuya ini selalu mengundang tawa dan komedi yang bisa mengocok perut. Sejak debut pertama kali di tahun 2006, seri anime Gintama masih akan berlanjut, dan saat ini mulai memasuki final arc, di mana tensi pertarungan dan aksi semakin bertambah.

Sebagai tambahan, anime Gintama telah mendapatkan live action yang sama gilanya dengan versi anime.

5. Rurouni Kenshin

Kisah Kenshin Himura, Battousai dengan pedang Sakabatou tentu saja akan selalu diingat penggemarnya di Indonesia. Sempat menjadi seri anime terkenal yang tayang di Indonesia dua dekade lalu, salah satu adegan yang akan sangat diingat adalah pertarungannya saat melawan Shishio.

Akan tetapi, bagi fans yang telah membaca manga-nya, arc paling diingat adalah saat Kenshin dipaksa untuk meratapi kematian istri pertamanya, Tomoe, dan menjadi asal usul luka silang di pipinya. Bagian manga ini sempat tayang sebagai episode OVA berjudul Samurai X: Trust and Betrayal.

Selain seri anime berjumlah 94 episode dan OVA, adaptasi live action Rurouni Kenshin pun menjadi salah satu film yang sangat disukai penggemarnya karena menyajikan drama dan aksi yang memukau.

6. Code Geass

Code Geass merupakan anime yang berpusat pada seorang pemuda jenius bernama Lelouch yang memiliki kekuatan Geass. Berkat Geass ditambah kejeniusannya dalam membuat strategi dan taktik perang mampu membuat Lelouch menjadi nyaris tak terkalahkan dalam membuat pemberontakan dan kudeta.

Anime Code Geass sendiri memiliki dua musim dan beberapa film remake. Selain film remake, sebuah film terbaru sekaligus menjadi penutup yang diputar di Jepang tahun lalu berjudul Code Geass: Lelouch of the Re;surrection. Film ini juga pernah diputar di bioskop Indonesia.

7. Inuyasha

Memiliki total 167 episode, anime Inuyasha bisa dibilang salah satu anime terbaik yang pernah tayang di televisi Indonesia dan cocok untuk menghabiskan waktu.

Diadaptasi berdasarkan judul manga dengan nama yang sama dan pernah menjadi pemenang penghargaan Shogakukan, kisahnya mengikuti Kagome Higurashi, seorang gadis berusia lima belas tahun yang kehidupan normalnya berakhir ketika iblis menyeretnya ke sumur terkutuk di dasar kuil Shinto keluarganya.

Alih-alih tewas di dalam dasar sumur, Kagome berakhir hingga 500 tahun di masa lalu selama periode sengoku Jepang yang kejam dengan target sejati iblis, permata pemberi harapan yang disebut Permata Shikon, terlahir kembali di dalam dirinya.

Setelah pertempuran dengan iblis yang dihidupkan kembali secara tidak sengaja menyebabkan permata suci hancur, Kagome meminta bantuan seekor siluman manusia-anjing muda bernama Inuyasha untuk membantunya mengumpulkan pecahan dan mencegah mereka jatuh ke tangan yang salah.

Nantinya, beberapa anggota yang ikut dalam pencarian mereka berdua adalah Shippo rubah-yatim piatu, biksu Miroku, dan pembunuh setan mematikan Sango.

8. Jojo Bizzarre Adventure

Ok, khusus ini tak perlu lagi ditanyakan ataupun dijelaskan panjang lebar. Kisah yang berawal dari rivalitas Jonathan Joestar dan Dio Brando dengan masing-masing kekuatan stand cocok untuk kalian yang menantikan film penuh aksi dan pertarungan.

Seri Jojo hingga saat ini masih terus menelurkan musim terbarunya (meski tak lagi berpusat pada Jonathan vs Dio Brando).

9. Slam Dunk

Jauh sebelum anime basket Kuroko no Basket hadir dan populer, anime Slam Dunk menjadi salah satu anime basket lawas yang legendaris dan menjadi primadona. Sempat tayang di Indonesia, anime yang memiliki 101 episode itu menceritakan Hanamichi Sakuragi, pemuda yang terkenal karena temperamental, tinggi badannya, dan rambutnya yang merah menyala, mendaftar di SMA Shohoku.

Berharap untuk mendapatkan pacar, dirinya justru memecahkan rekor ditolak sebanyak 50 kali berturut-turut di sekolah menengah. Kemasyhurannya mendahului dia, bagaimanapun, menyebabkan dia dihindari oleh sebagian besar siswa.

Segera, setelah peristiwa-peristiwa tertentu, Hanamichi dibiarkan dengan dua pikiran yang tak tergoyahkan: “Aku benci basket,” dan “Aku sangat membutuhkan pacar.”

Suatu hari, seorang gadis bernama Haruko Akagi mendekatinya tanpa sepengetahuan tentang masalahnya dan bertanya apakah dia suka basket. Hanamichi langsung jatuh cinta dengan dia, dan mengatakannya dengan tegas. Haruko kemudian membawanya ke gimnasium, di mana dia bertanya apakah dia bisa melakukan slam dunk.

Dalam upaya untuk mengesankan Haruko, dia membuat lompatan. Ketika Haruko memberi tahu kapten tim basket tentang kemampuan fisik tak manusiawi Hanamichi, ia perlahan-lahan mendapati dirinya tertarik pada persahabatan dan kompetisi olahraga yang sebelumnya ia benci.

10. The Melancholy of Haruhi Suzumiya

The Melancholy of Haruhi Suzumiya sendiri merupakan salah satu anime lawas dari Kyoto Animation yang menjadi trending di Jepang dan dunia. Meski tidak tayang di televisi Indonesia, namun seri ini tetap memiliki basis penggemar yang cukup besar di Indonesia.

Kisahnya berpusat pada Kyon, siswa sekolah menengah yang biasa-biasa saja, telah lama meninggalkan kepercayaannya pada hal-hal supernatural. Namun, saat bertemu Haruhi Suzumiya, dia dengan cepat mengetahui bahwa itu adalah hal supernatural yang dia minati — alien, penjelajah waktu, dan esper di antara hal-hal lainnya.

Ketika Haruhi menyesali kurangnya klub yang menarik di sekitar sekolah, Kyon menginspirasi Haruhi untuk membentuk klubnya sendiri. Akibatnya, Brigade SOS terbentuk, klub yang berspesialisasi dalam semua yang bersifat supranatural.

Bagaimana, MedForians? Tertarik untuk mencoba salah satu rekomendasi MedForSquad? Tenang saja, ini masih secuil anime lawas (alias masih part 1) yang bisa ditonton sampai kasus Virus Corona mereda ya!

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.